PENGARUH TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik akrostik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS 2 MA Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 33 siswa yang diperoleh dari kelas X IPS 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (projek menulis puisi) dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistic inferensial (Uji-t) dengan rumus t.tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar menulis puisi dengan menerapkan teknik akrostik memperoleh nilai rata-rata 88,176 sedangkan kelompok siswa yang diajar tanpa menerapkan teknik akrostik memperoleh nilai rata-rata 77,062. Setelah dianalisis dengan uji t. test, hasilnya menunjukkan nilai empiris lebih besar dari nilai tabel yaitu 4,084 lebih besar daripada 2,039 pada taraf signifikansi 5% dan 4,084 lebih besar daripada 2,744 pada taraf signifikansi 1% dengan db 31. Hal tersebut menandakan bahwa penggunaan teknik akrostik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS 2 MA AL-Urwatul Wutsqaa Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang
References
Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1), 40. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4979
Ecca, S., & Lanta, J. (2018). Penggunaan Teknik Teratai dalam Menulis Puisi. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 1, 1(November 2018), 486–492.
Ecca, S., Lanta, J., & Aswadi, A. (2019). Desain perencanaan dan pembelajaran menulis puisi di smp. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 2, 2(October), 195–200.
Emha, Ratna Juwitasari; Abdullah, Varatisha Anjani; Pujiati, Tri ; Iskandar, Y. (2020). Pelatihan Virtual Menulis Puisi di Masa Pandemi COVID-19 untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Karangampel Kab. Indramayu. Abdi Laksana, 1(September), 71–75.
Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik Akrostik dalam Penulisan Puisi (Studi Deskriptif terhadap Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungpereng). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103–109.
Kamalia, K., Rasyid, R. E., Zain, S., & Kasman, N. (2020). Pengaruh Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Pangsid. Cakrawala Indonesia, 5(1), 7–9.
https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/333
Ruslan, R., & Nazriani, N. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas Vi Sdn 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.35326/pkm.v2i1.206
Supian, & Harnadi, K. K. (2019). Pengembangan Model Sosiodrama Berbasis Sosiopragmatik Dalam Pembelajaran Menulis Opini Ragam Narasi Melalui Wahana Mailing List. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 901–910. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/965
Syamsuriani, Khalik, S., Ecca, S., & Agussalim, H. (2020). Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Puisi. Cakrawala Indonesia, 5(2), 48–51.
Triswanto, D., Mujiyanto, G., & Ivana, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.11039
Yunita, S. E., Rasyid, R. E., & Takdir, M. (2021). Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Cakrawala Indonesia, 6(1), 36–43. https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.436
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication