PENGARUH TEKNIK PETA PASANG KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI

  • Adi Suparman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suhartini Khalik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jumiati Lanta Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Peta Pasang Kata, Menulis, Puisi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik peta pasang kata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang. Populasi penelitian  ini adalah  seluruh siswa  kelas VIII  MTs YMPI Rappang yang berjumlah 196 siswa. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan model purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrument perlakuan berupa RPP dan instrument pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian pengunaan teknik konvensional memperoleh nilai rata-rata 77,94, sedangkan dengan penggunakan teknik peta pasang kata memperoleh nilai rata-rata 91,61. Standar deviasi masing-masing 3,759 dan 0,782.  Berdasarkan perhitungan “t” diperoleh Nilai t hitung kecil dan nilai Sig (2-tailed = 0,000) < ½ α (0,025) maka Ho ditolak. Jadi teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berpengaruh pada nilai siswa dengan hipotesi yang berbunyi “Adanya pengaruh atas penggunaan teknik peta pasang kata terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII MTs YMPI Rappang.

References

Abin, Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Alwasilah, A. C. & Alwasilah, S.S. (2007). Pokoknya Menulis Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Dahrul, D., Khalik, S., & Hanafi, M. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Outdoor Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pancarijang. Cakrawala Indonesia, 5(1), 10–13. https://doi.org/10.55678/jci.v5i1.334

Ecca, S., Lanta, J., & Aswadi, A. (2019). Desain perencanaan dan pembelajaran menulis puisi di smp. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 2, 2(October), 195–200.

Ginting, E. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Peta Pasang Kata. JP2S: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Sains, 1(1), 1–7.

Kuswari, Usep. 2009. Model Pembelajaran Menulis. Jakarta: Pustaka Jaya,

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Poerwadarminto, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka

Semi, M.A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Sudjiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra, Jakarta: PT. Gramedia.

Tarigan, Henri Guntur, 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan Robinson. 2005. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta.Grasindo.

Published
2022-05-31
How to Cite
Suparman, A., Khalik, S., Hanafi, M., Rasyid, R. E., & Lanta, J. (2022). PENGARUH TEKNIK PETA PASANG KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI. Cakrawala Indonesia, 7(1), 34-40. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.659
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.