TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 BARANTI KABUPATEN SIDRAP

  • Rasma asma UMS Rappang
  • Suleha Ecca Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Saifullah Saifullah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Aswadi Aswadi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suardi Zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: guru, pembelajaran, tindak tutur direktif

Abstract

Penelitian ini memaparkan mengenai jenis-jenis tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidrap. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidrap. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, teknik rekam, metode transkripsi, dokumentasi, dan trianggulasi. Peneliti mengumpulkan tuturan- tuturan guru pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan kemudian melakukan klasifikasi atau pengelompokan berdasarkan jenis tindak tutur direktif dan teknik padan pragmatik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah 74 tuturan. Dari 74 tuturan terdapat 6 jenis tindak tutur direktif yaitu 8 tuturan permintaan, 28 tuturan pertanyaan, 26 tuturan perintah, 4 tuturan larangan, 3 tuturan pemberian izin dan 4 tuturan nasehat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih dominan menggunakan tindak tutur direktif jenis pertanyaan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat dilihat pada deskripsi hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jenis pertanyaan berjumlah 28 tuturan dari jumlah 74 tuturan direktif.

Published
2022-12-02
How to Cite
asma, R., Ecca, S., Saifullah, S., Hanafi, M., Aswadi, A., & Zain, S. (2022). TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 BARANTI KABUPATEN SIDRAP. Cakrawala Indonesia, 7(2), 66-74. https://doi.org/10.55678/jci.v7i2.749

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.