KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA ARGUMENTASI BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BELAJAR BRAINSTORMING
Abstract
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Tobadak yang berjumlah 198 orang yang terbagi ke dalam delapan kelas. Sampel penelitian sebanyak 34 orang atau sekitar 20% dari populasi. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi dan tes. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Argumentasi Melalui Metode Belajar Brainstorming Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Tobadak dikategorikan belum memadai. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan siswa, yaitu hanya 7 siswa (20,59%) yang mampu mendapat nilai 7,5 ke atas. Sebaliknya, sebanyak 27 siswa yang mendapat nilai di bawah 7,5 (79,41%). Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Tobadak dikategorikan belum memadai karena siswa memperoleh nilai 7,5 ke atas tidak mencapai kriteria yang ditetapkan, yaitu 85%.
References
Alwi, Hasan dkk., 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Anonim. 2015. “ Tujuan Membaca dan Manfaat Membaca”. Senin 8 Mei 2017. Dalam http://www.informasi-pendidikan.com
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bledhek, Ropingi Suro. 2014 “Metode Pembelajaran Branstorming”. Senin 8 Mei 2017. Dalam http://ropingiaza.blogspot.co.id
Dahlan, A. 2006. Pengaruh Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan pemahaman Matematik Siwa. Skripsi FPMIPA UPI-tidak diterbitkan
Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Depdiknas: Dirjen Dikti.
Hatimah, Ihat. 2003. Startegi dan Metode Pembelajaran. Bandung: CV Andira
Indrayani, Tuti. Pembelajaran Berbicara dengan Menggunakan Teknik Brainstorming pada Siswa Kelas II SMA Darul Falah Cihampeles Tahun 2004/2005. Skripsi pada FPBS UPI Bandung: tidak diterbitkan
Junus, Andi Muhammad. 2002. Keterampilan Menulis. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Purnamasari, santi. 2015. Peningkatan Keteerampilan Membaca Siswa kelas II Melalui Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiadi SDN Perwira V Bekasi Utara. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi
Rahiem, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, D. 2001. Metode & Metode Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Surya, Wahyu. 2012. “Pengertian Jenis dan Tujuan Membaca”. Senin 8 Mei 2017. Dalam http://s-surya62.blogspot.co.id
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2011). Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wibowo, Dwy Cahyadi. 2014. “Tujuan Membaca dan Fungsi Membaca. Minggu 7 Mei 2017. Dalam http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id
Wijaya, Marlina dan Euis Honiatri. 2004. Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Zuchdi, Darmiyati. (2012). Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: Multi Presindo.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication