HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

  • Ashabul Kahfi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • M. Hijaz Tahir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • M. Nurzin R. Kasau Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • H. Agussalim Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: kemampuan menulis, teks berita, media audio visual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VIII SMP negeri 3 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pangsid Tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 118 siswa, sementara sampel penelitian yang diambil secara acak (random sampling)adalah 30 siswa, 15 siswa untuk kelas eksperimen dan 15 siswa untuk kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang di berikan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual atau kelas eksperimen dan kelompok yang di berikan pembelajaran menulis teks berita tanpa menggunakan media audio visual atau kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan nilai rata-rata kelompok eksperimen dan nilai rata-rata kelompok kontrol, yakni Mx = 82,867, lebih besar dari My =76,800. Hal itu berarti ada pengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual  kelas VIII SMP Negeri 3 Pangsid.

References

Anawati, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2018/2019. In IKIP Persatuan Guru

Republik Indonesia: Vol. (Issue). IKIP Persatuan Guru Republik Indonesia.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktik. Pustaka Belajar.

Dahlan, M., & Wahid, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Group Investigato pada Siswa Kelas VIII SMP Neg.5 Mandai. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(2), 138–146. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2671

Dahrul, D., Khalik, S., & Hanafi, M. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Outdoor Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pancarijang. Cakrawala Indonesia, 5(1), 10–13. https://doi.org/10.55678/jci.v5i1.334

Ecca, S., Lanta, J., & Aswadi, A. (2019). Desain Perencanaan dan Pembelajaran Menulis Puisi di Smp. Seminar Nasional Bahasa Indonesia 2, 2(October), 195–200.

Piantari, L. L., Muhatta, Z., & Fitriani, D. A. (2011). Alih Kode (Code-Switching) Pada Status Jejaring Sosial Facebook Mahasiswa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(1), 12–18.

Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2671

Rezki, N., Salam, S., & Saleh, M. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. SOCIETIES: Journal of Social Science and Humanities, 1(2), 144–150.

Sadin, S. (2019). Penggunaan Media Audio-Visual Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 56. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.34508

Suciawati, H., Widiyarti, G., Rakiyah, S., & Nahampun, I. T. (2022). Teknik Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskrispi pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Media Gambar pada Mahasiswa PGSD Kelas 2A12 Universitas Quality Tahun Akademik 2021/2022. Curere, 6(1), 38–44.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Yulianti, Y., Kasman, N., & Yusmah, Y. (2021). Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Cakrawala Indonesia, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.393

Yunita, S. E., Rasyid, R. E., & Takdir, M. (2021). Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Cakrawala Indonesia, 6(1), 36–43. https://doi.org/10.55678/jci.v6i1.436

Zain, S., Kasau, M. N. R., & Suhartini, S. (2017). Efektivitas Teknik Pengandaian Diri Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(2), 100. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4856

Published
2023-01-13
How to Cite
Kahfi, A., Tahir, M. H., Kasau, M. N. R., & Agussalim, H. (2023). HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Cakrawala Indonesia, 7(2), 99-104. https://doi.org/10.55678/jci.v7i2.799

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.