EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI

  • Saifullah Saifullah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Dinar Rahmatul Umaira Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suhartini Khalik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suleha Ecca
Keywords: Efektivitas, Think pair Share, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Thimk Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS MA Al Urwatul Wutsqaa Baranti tahun pelajaran 2022. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS yakni 43 orang siswa. Penarikan sampel kelas X IPS 2 sebanyak 15 orang, dengan menggunakan penelitian kuantitatif metode pre-experimental desain tipe one group pre test post test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif dan analisis efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menulis puisi dengan menerapkan model TPS memperoleh nilai rata-rata 87 sedangkan pada model pembelajaran konvensional siswa memperoleh nilai rata-rata 75 dan analisis efektivitas sudah memenuhi keempat indikator ketercapaian yaitu kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, motivasi dalam pembelajaran dan waktu. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan belajar siswa dalam menulis puisi setelah menggunakan model Think Pair Share (TPS) efektif daripada kemampuan belajar siswa sebelum menerapakan model Think Pair Share (TPS) di kelas X. Hal tersebut menandakan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) efektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS MA Al Urwatul Wutsqaa Benteng.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal E-DuMath, 2(1), 131.

Emda, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Di Sma Negeri 12 Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(1), 68. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.663

Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193–205.

Jesslyn, J., & Lystia, Z. (2019). Efektifitas Pembelajaran Bahasa Mandarin. Jurnal Bahasa Dan Budaya China, 2(2), 54–66.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912

Mulyono. (2019). Struktur Puisi Anak-Anak Indonesia (M. H. Dr. Burhan Eko Purwanto (ed.); Issue September). badan Penerbit Universitas Pancasakti UPS Tegal.

Musfirah, M., Agussalim, H., Kasau, M. N. R., Khalik, S., Lanta, J., & Saifullah, S. (2022). Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Cakrawala Indonesia, 7(1), 9–14. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.656

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 4.

Syamsuriani, Khalik, S., Ecca, S., & Agussalim, H. (2020). KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK PUISI. Cakrawala Indonesia, 5(2), 48–51.

Zain, S., Kasau, M. N. R., & Suhartini, S. (2017). Efektivitas Teknik Pengandaian Diri Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(2), 100. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4856

Published
2023-01-13
How to Cite
Saifullah, S., Umaira, D., Khalik, S., Rasyid, R., & Ecca, S. (2023). EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI. Cakrawala Indonesia, 7(2), 105-112. https://doi.org/10.55678/jci.v7i2.800

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.