Dominasi Kecerdasan Ekologis dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Pertama

  • Vitria Indriyani Setyaningsih
  • Miftakhul Huda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Laili Etika Rahmawati
Keywords: Buku teks, karakter, Kecerdasan Ekologis

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan dominasi indikator kecerdasan ekologis dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.  Jenis pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif analitis. Data dalam penelitian ini adalah teks yang bermuatan kecerdasan ekologis yang terkandung dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan sumber data dalam penelitian ini yakni buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII kurikulum merdeka terbitan Kemdikbudristek. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan teknik baca intensif dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukan, ominasi kecerdasan ekologis dalam buku pelajaran bahasa indonesia kelas VII didominasi oleh indikator memahami fungsi dan komponen ekosistem. Artinya, buku ini berusaa memberikan pemahaman mengenai kecerdasan ekologis bukan hanya mengenai nilai – nilai cinta alam terhadap lingkungan. Sedangkan, indikator paling rendah yang ditemukan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia adalah indikator melakukan adaptasi tingkah laku terhadap lingkungan.

Published
2023-06-12
How to Cite
Setyaningsih, V., Huda, M., & Rahmawati, L. (2023). Dominasi Kecerdasan Ekologis dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Pertama. Cakrawala Indonesia, 8(1), 29-37. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.816
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.