Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa

  • Angelina C. O. Rosari Lake Universitas San Pedro
  • Hilari Fridolin Lipikuni Universitas San Pedro
  • Konradus Silvester Jenahut Universitas San Pedro
Keywords: Media Pembelajaran, Flipbook, Cerita Rakyat, Literasi Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan produk media pembelajaran Flipbook cerita rakyat Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan literasi budaya siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model 4D yang terdiri atas empat tahapan prosedur pengembangan, yaitu tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil wawancara bersama guru kelas. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diisi oleh para ahli dan praktisi pada saat melakukan validasi produk, dan data angket siswa pada saat melakukan uji coba produk. Dalam penelitian ini, data penelitian berupa berupa hasil pengamatan dan wawancara dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan data hasil isian angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi kelayakan produk, ahli media pembelajaran memberikan penilaian dengan rata-rata skor penilaian sebesar 92%, ahli materi memberikan penilaian dengan rata-rata skor penilaian sebesar 94%, dan guru kelas memberikan penilaian dengan rata-rata skor penilaian sebesar 88%. Rata-rata skor penilaian dari ahli media pembelajaran, ahli materi, dan guru kelas sebesar 91% yang artinya produk yang dikembangkan “Sangat Layak” untuk diimplementasikan atau diujicobakan. Hasil uji coba lapangan mendapat penilaian dan tanggapan positif dari siswa. Rata-rata skor penilaian siswa sebesar 96.64%. Artinya produk media pembelajaran Flipbook cerita rakyat Nusa Tenggara Timur yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak untuk digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran pendukung untuk meningkatkan literasi budaya siswa.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.

Asnawi. (2020). Kategori dan Fungsi Sosial Teks Cerita Rakyat Mayarakat Banjar Hulu: sebagai Pengukuh Warisan Kebudayaan Lokal Bangsa. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 212–221. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jsi.v9i3.41939

Carolinaliwati, C., Usadiati, W., & Misrita, M. (2021). The Use of Youtube Video by Non-English Major Students for Speaking Skills. Cakrawala Indonesia, 6(2), 49–54. https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.518

E. Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Yrama Widya.

Fadillah, A., Nopitasari, D., & Bilda, W. (2021). Development E-Book Learning Media Based on Kvisoft Flipbook Maker. Kreano:Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2), 312–322. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.31684

Gusnetti, Syofiani, & Isnanda, R. (2016). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 8 (44-51). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238 Abstrak

Irma, I., Menne, M. A., & Lanta, J. (2020). Memahami Cerita Rakyat Melalui Metode Inkuiri. Cakrawala Indonesia, 5(2), 44–47. https://doi.org/10.51817/jci.v5i2.482

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2022). Design of Interactive Learning Media With The Think Talk Write Strategy on The Material of Writing Expository Texts For Grade 10 Vocational High School Students. Journal on Education, 04(04), 1950–1960.

Juwati, Abid, S., Rohman, A., & Indani, T. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Sastra Mengunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Di Stkip-Pgri Lubuklinggau. Diklastri, 1(2), 85–91.

Kasim, U., Kasim, R., Lantowa, J., & Limbanadi, Y. (2022). Struktur Naratif Cerita Rakyat Gorontalo “Bapak Tua.” Cakrawala Indonesia, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.630

Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8 SMA Kelas X. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43. https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2455

Kriswantara, G., & Perdana, I. (2021). DAN LITERASI KRITIS ( Digital Teaching Materials of Reading Central Kalimantan Folkore Text Containing Character Education and Critical Literacy ). Sawerigading, 27(2), 191–204.

Marvelia, R. H., & Rukmi, A. S. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 9(8), 2969–2982.

Miftah, M. (2015). Media Pembelajaran: Dari Konsepsi ke Utilisasi dan Permasalahannya. Jurnal Kwangsan, 3(2), 135–145. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.30

Mursidi, P., Prananto, I. W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar pada Materi Siklus Air PENDAHULUAN Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk menciptakan siswa yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang lebi. IX(2), 128–141. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141

Oktarina, R., Ambiyar, Giatman, M., Fadhilah, Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). The Effect of The Use of Multimedia Flip Book With the Flipped Classroom Approach in Vocational School. Journal of Education Technology, 5(1), 159. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.31435

Osin, R. F., Kusuma, I. R. W., & Suryawati, D. A. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Kampung Tradisional Bena Kabupaten Ngada-Flores Nusa Tenggara Timur ( NTT). 14(1), 60–65.

Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HOTS BERBANTUAN FLIPBOOK MARKER SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF SISWA SMA. In Jurnal Kumparan Fisika (Vol. 3, Issue 3, pp. 247–254). UNIB Press. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254

Suhirman, S. (2017). Cerita Tradisional Sasak Lombok Sebagai Sarana Transmisi Budaya Untuk Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 48. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.481

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Syamsiah. (2018). Kearifan Lokal yang Tercermin Dalam Cerita Rakyat Masyarakat Melayukapuas Hulu. Photosynthetica, 2(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i10.29369

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 955–961.

Widyasari, I., Zetriuslita, Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 75–84. https://doi.org/10.51836/je.v7i1.231

Wijayanti, N. K. A., Wulandari, I., & Wiarta, I. W. (2022). E-Modul Literasi Berbasis Cerita Rakyat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI. Jurnal Pedagogi Dan …, 5(1), 75–84.

Published
2023-06-06
How to Cite
Lake, A., Lipikuni, H., & Jenahut, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.872
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.