Pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Telaah Bahasa Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pendekatan self regulated learning (SRL) berbasis learning journal dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca telaah bahasa pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dilihat dari persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 70% dengan nilai rata-rata 64,67, sementara pada Siklus II mencapai 80% dengan nilai rata-rata 69,83. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan self regulated learning (SRL) berbasis learning journal dalam pembelajaran keterampilan membaca telaah bahasa dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa
References
Alek. (2016). Classroom Action Research Dalam Pendidikan Bahasa: Teori, Desain, Praktik.
Davis, D., Chen, G., van der Zee, T., Hauff, C., & Houben, G. J. (2016). Retrieval practice and study planning in MOOCs: Exploring classroom-based self-regulated learning strategies at scale. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 9891 LNCS,5771.https://doi.org/10.1007/978-3-319-45153-4_5
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.1048
Ismail, H., Syahruzah, J. K., & Basuki, B. (2017). Improving the Students’ Reading Skill Through Translation Method. Journal of English Education,2(2),124131.https://doi.org/10.31327/jee.v2i2.405
Kemendikbud. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2).http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi
Latief, S. A., & Wahid, A. (2016). Efektivitas Model Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (Concentrated Language Encounter) dalam Pembelajaran Kemampuan Membaca Intensif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 114–125.
Mahmoodi, M. H., Kalantari, B., & Ghaslani, R. (2014). Self-Regulated Learning (SRL), Motivation and Language Achievement of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 1062–1068.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.517
Mikulecky, B. S., & Linda, J. (2004). More Reading Power. Reading for Pleasure, Comprehension Skills, Thinking Skills, Reading Faster. (2nd Edition). Longman Publisher.
Saraswati, P. (2019). Kemampuan self regulated learning ditinjau dari achievement goal dan kepribadian pada remaja di Kota Malang. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2),69-78.https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7209
Schunk, D. H. (2012). Teori-teori pembelajaran: Perspektif pendidikan (6th Edition). Pustaka Pelajar.
Sudinadji, M. B., & Kumaidi, K. (2019). Pengalaman self regulated learning siswa untuk menghadapi ujian. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 79–95. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7970
Sultan. (2019). Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Baskara Media.
Sultan, Rofiuddin, A., Nurhadi, & Priyatni, E. T. (2017). The effect of the critical literacy approach on pre-service language teachers’ critical reading skills. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2017(71), 159–174. https://doi.org/10.14689/ejer.2017.71.9
Wahid, A, & Andhira, D. A. (2022). Metode Make-A Match: Bagaimana Implementasinya dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Menengah Kejuruan? Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2003), 1291–1301. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3106%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3106/2612
Wahid, Abdul, & Amarwanti, D. (2015). Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Konfiks, 2(2), 103–108. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jk.v2i2.410
World Health Organization. (2020). Doing What Matters in Times of Stress: An Illustrated Guide. In Oms.
Zimmerman, B., Bonner, S., & Kovach, R. (2002). Developing self-regulated learners: Beyond achievement to self-efficacy. American Psychological Association.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication