Impresi Nada Bahasa Orang Tua terhadap Etika Berbahasa Anak di Carawali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak dari nada bahasa orang tua terhadap etika berbahasa anak di Desa Carawali. Pola asu orang tua di Desa Carawali masi sangatlah kurang baik, orang tua masi sulit untuk memahami anak terutama cara membuat anak agar tidak menggunakan nada bicara yang tiggi dan berbicara yang kotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dampak dari nada bahasa orang tua terhadap etika berbicara anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi setelah itu dilanjutkan dengan wawancara dan pembagian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa orang tua yang menjadi landasan utama pembentukan etika berbicara anak masi banyak yang belum mengerti cara menghadapi anak saat berbicara menggunakan nada bicara yang tinggi dan kata-kata kotor. Orang tua seharusnya tidak membentak dan memukul anak karnah hal ini akan selalu anak ingat dan akan mereka tiru.
References
Andrianary, M., & Antoine, P. (2019). Pembentukan Perilaku Berbicara Santun pada Anak dalam Keluarga di Dusun Ii Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan. 2, 89.
Anggraini, N. (2020). Kesantunan Berbahasa Anak dalam Perspektif Pemerolehan Bahasa dan Peran Serta Pendidikan Karakter. Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 68. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1661
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak dalam Berbicara terhadap Peran Lingkungan. Educatif : Journal of Education Research, 4(1), 87–96.
Ayu, S. P. D. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak usia 4-6 tahun.
Erisa Kurniati. (2017). Perkembangan Bahasa pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 52–53.
Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062
Fatkhurrozaq, I. (2020). Komunikasi Orang Tua Dengan Anak dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Anak. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Handarbeni, A. N. (2019). Hubungan Antara Interaksi Orang Tua dan Anak dengan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) di Tk-It Insan Permata Malang. Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret 2020, 2(1).
Kasman, N. (2021). Penanda Kesantunan Berbahasa pada Masyarakat Bugis di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. 18–20.
Kasman, N., Kaseng, S., Hanafie, S. H., & Daeng, K. (2014). The effectiveness of stimulus to the language acquisition of early age child. Journal of Language Teaching and Research, 5(6), 1315–1321. https://doi.org/10.4304/jltr.5.6.1315-1321
Rusyda Nazhirah Yunus, R. W. (2021). Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa Anak pada Lingkungan Keluarga Masyarakat Desa Kelambir 5 Kebun Kecamatan Hamparan Perak. 95–102.
Tamrin, H., & Ramadhina, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anak Berbicara Kasar dan Cara Mengatasinya (Studi Pada Anak Desa Tanjung Gusta,Kecamatan Sunggal). Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 148. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM
Yusuf, M. (2019). Psikolinguistik Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Postmetode. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 183. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.123
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication