Kesantunan dan Ketidaksantunan Penjual dan Pembeli Online ketika Live di Grup Facebook “Makassar Dagang”

  • Bulan Rara Yangsen bulan.rara.yangsen@uts.ac.id
  • Yusmah Yusmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: kesantunan, facebook, pragmatik

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui wujud kesantunan dan ketidaksantunan penjual online pada saat live di grup facebook “Makassar Dagang” dan (2) mengetahui faktor-faktor penanda ketidaksantunan penjual dan pembeli online pada saat live di grup facebook “Makassar Dagang”. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek tuturan penjual berasal dari online, yaitu grup facebook “Makassar Dagang”. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pustaka dan metode simak. Metode simak digunakan untuk menyimak tuturan-tuturan penjual online yang berkaitan dengan kesantunan dan ketidaksantunan pada saat live di grup facebook “Makassar Dagang” dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik rekam. pendekatan yang digunakan ialah pendekatan pragmatik. Analisis data yang digunakan ialah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada empat wujud kesantunan yang ditemukan ketika penjual online siaran langsung di grup facebook “Makassar Dagang”, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan hati, dan maksim kecocokan. Kemudian ada enam bentuk ketidaksantunan yang ditemukan ketika penjual online siaran langsung di grup facebook “Makassar Dagang”, yaitu pelanggaran maksim kebijaksanaan, pelanggaran maksim penerimaan, pelanggaran maksim kemurahan, pelanggaran maksim kerendahan hati, pelanggaran maksim kecocokan, dan pelanggaran maksim simpati. Selain itu, faktor-faktor penanda ketidaksantunan penjual dan pembeli online yaitu penggunaan diksi yang tidak sesuai, kritik secara langsung dengan kata-kata kasar, mengutamakan kenyamanan diri sendiri, dorongan rasa emosi penutur, sengaja menuduh lawan tutur, sengaja memojokkan lawan tutur, dan meninggikan suara terhadap lawan tutur.

References

Amaliah, Reski. 2018. “Pelanggaran Prinsip Kesantunan dalam Kolom Komentar Facebook Pada Media Koran Online: Tinjauan Pragmatik”. Skripsi Departemen Sastra Indonesia

Faklultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin.

Abdurrahman. 2006. “Prgmatik; Konsep Dasar Memahami Konteks Tuturan”. Lingua. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Volume 1, Nomor 2, Desember 2007.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Flew, Terry. 2002. New Media: An Introduction. New York: Oxford University Press.

Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi : Media, Teknologi, dan Masyarakat.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Holmes, Janet. 1995. Women, Men, and Politeness. Harlow, Essex: Longman Group UKLtd.

Hadi, Akma;, Jumadi, M. Rafiek. “Kesantunan Dan Ketidaksantunan Dalam Film Preman Pensiun”. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa. Volume 5, Nomor 2, Oktober 2022.

Kurniali, Sartika. 2009. Step by Step Facebook. Jakarta: PT. Elek Media.

Kushartanti. 2009. Strategi Kesantunan. Bandung: Remasa Rosdakarya.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik (diterjemahkan oleh Oka). Jakarta: Universitas Indonesia.

Lubis, A. Hamid Hasan. 1991. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Makmur, Rakhmat. 2018. Bisnis Online. Bandung: Informatika.

Maknun, Tadjuddin, dan Munira Hasyim. 2016. “Modul Mata Kuliah Pragmatik”. Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin.

Muhammad, 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Oktvianus. 2006. Analisis Wacana, Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press.

Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhamad. 2004. Pragmatik: Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media.

Searle, John R. 1969. Speech Act: An Essay in the Philosophy of Language. Cam bridge: Cambridge University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Thoyibie, L. (1 , September 2010). Psikologi Social Meida. Retrieved from komunikasi-indonesia.org.

Wijana, I. Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2023-06-15
How to Cite
Yangsen, B., & Yusmah, Y. (2023). Kesantunan dan Ketidaksantunan Penjual dan Pembeli Online ketika Live di Grup Facebook “Makassar Dagang”. Cakrawala Indonesia, 8(1), 48-61. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.893
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.