Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Naskah Cerpen Mata Kuliah Kajian Prosa Fiksi

  • Andi Yusdarwati STKIP Cokroaminoto
  • Herniyasuti Herni Universitas Paungrimaggalatung
Keywords: cerpen, prosa fiksi, kesalahan berbahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesalahan dan pemahaman setiap mahasiswa dalam membuat naskah cerpen yang sesuai kaidah-kaidah penulisan yang berlaku. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah Kajian Prosa Fiksi yang terdiri dari 28 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa cerpen mahasiswa yang dipilih secara acak. Cerpen dikumpulkan melalui classroom dan hanya beberapa dijadikan data karena dinilai sudah memenuhi kriteria penelitian. Tahapan dalam penelitian ini yaitu (a) pengumpulan dan penyaringan data, (b) analisis data, (c) penyajian hasil analisis dan perbaikannya Terdapat kesalahan berbahasa sejumlah 30 kesalahan, yakni : kesalahan penggunaan huruf kapital 10 data, pemakaian kata yang tidak sesuai dengan kaidah 15 data, dan kesalahan penggunaan tanda baca 10 data. Data berbahasa pada penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak kesalahan yang mahasiswa buat dalam penulisannya. Untuk itu mahasiswa akan diberi pemahaman kesalahan berbahasa sebelum memasuki materi perkuliahan mata kuliah Kajian Prosa Fiksi, sehingga mahasiswa bisa menciptakan karya tulis yang baik dan benar.

References

Alfin, J. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surabaya: Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya.

Anggraini R. N., Zinni M. A., Kakas Bantu Pendeteksi Kesalahan Tanda Baca Pada Karya Tulis ilmiah. JUTI Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi.

Ariningsih, N. E., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 40-53

Bahrum, E. A., Zain, S., Ecca, S., & Kasman, N. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Teks Biografi Siswa. Cakrawala Indonesia, 6(1), 14–20. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.402

Depdikbub. (1987). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukkan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidkan dan Kebudayaan.

Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1).

Khairani, Juwita & Sari D. E., (2022) Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Masihul, LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor. Siburian, L. (2020) Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Oleh Mahasiswa PGSD Semester II Kelas 3 UNIKA SANTO THOMAS Sumatra Utara.

Kurniawan, H., Arum D. P., Maulani, C. Y., (2022) Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karangan Esai Mahasiswa AKN Putra Sang Fajar Blitar, 3(1).

Mulyati, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2).

Nafinuddin S. (2020), Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Indonesia, OSF Preprints.

Nisa K., (2018), Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indoneisa Baru, Universitas Asahan.

Nurjayanti P. L. (2020) Kesalahan Berbahasa dalam Lembar Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia, 2 (2),

Ramadhanti, Dina. (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. . Yogyakarta: Deepublish.

Ramaniyar, E. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Penelitian Mini Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 70-80.

Siregar, G. K. (2022) Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Teks Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basastra, 10(1).

Sofyan, A. N., Karlieni, E., Wahya., Judaatmadja, K., Permadi, R. Y., (2007). Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah.

Supriani, R. & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura, 3(2).

Syaidah, Nursalam & Amir, I. (2023) Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Sesuai EYD Pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IAIN Ambon: Kajian Pengembangan Dan Pebinaan Bahasa Indonesia, Universitas Wiralodra.

Tussolekha R., (2019) Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa

Windy Rahma Neldia, (2021) Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kuantam Hilir Seberang, Center for Open Science

Published
2023-06-21
How to Cite
Yusdarwati, A., & Herni, H. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Naskah Cerpen Mata Kuliah Kajian Prosa Fiksi. Cakrawala Indonesia, 8(1), 70-77. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.895
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.