Kesalahan Penulisan Kalimat pada Karangan Pribadi Siswa

  • Nurcaya Nurcaya Universitas Puangrimaggalatung
  • Wahyu Ningsih Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: kesalahan kalimat, karangan pengalaman pribadi, menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sepuluh aspek yang menjadi kesalahan kalimat pada tulisan pengalaman pribadi siswa. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini data dan sumber data yang digunakan merupakan kutipan beberapa kalimat yang salah yang ada pada tulisan mengenai pengalaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sengkang.  Menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian. Peneliti sendiri yang menjadi instrumen dalam penelitian ini yang didukung beberapa instrumen pembantu seperti: panduan identifikasi data, tabel panduan kodifikasi data serta panduan analisis data. Ada empat cara yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data yakni: 1) ketekunan membaca, 2) kecukupan rujukan, 3) diskusi kesejawatan, dan 4) triangulasi data. Adapun urutan tahapan dalam menganalisis data yaitu pengumpulan, pereduksian, penyajian, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Merujuk pada hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan kalimat pada tulisan pengalaman pribadi terdiri atas: 1) kalimat yang tak bersubjek, 2) kalimat yang tak berpredikat, 3) kalimat tak bersubjek dan tak berpredikat atau buntung, 4) penggunaan kata tanya yang tidak perlu atau kata tanya dalam kalimat berita, 5) pengaruh dialek bahasa daerah, 6) subjek ganda, 7) kalimat yang tidak logis, 8) kalimat yang ambiguitas, 9) penggunaan konjungsi yang berlebihan, dan (10) penggunaan kalimat yang tidak paralel. Harapan peneliti terkait penelitian, agar kiranya penelitian selanjutnya tetap ada yang membahas  berbagai aspek kesalahan kalimat dalam penulisan karangan dan mengetahui cara untuk mengatasi kesalahan tersebut.

References

Aprianti, R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Bagian Pendahuluan Skripsi Mahasiswa Iain Bengkulu. IAIN Bengkulu.

Arifin, E. Z., & Tasai, A. (2010). Karya Ilmiah, Guru Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Bahrum, E. A., Zain, S., Ecca, S., & Kasman, N. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Teks Biografi Siswa. Cakrawala Indonesia, 6(1), 14–20. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.402

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum, Revision Edition. PT Rineka Cipta.

Hakiki, M. (2014). Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Universitas Negeri Malang.

Hermini, H. (2014). Grammatical Error Analysis in Recount Text Made by the Students of Cokroaminoto University of Palopo. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 2(1), 87–101.

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. Sage.

Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 136–149.

Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (edisi keempat). Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif.

Pateda, M. (1990). Aspek-aspek psikolinguistik. Nusa Indah.

Permatasari, N. E., Khasanah, I. M., & Putri, N. A. M. (2019). Kesalahan Berbahasa dalam Majalah Pandawa IAIN Surakarta Edisi 2018 pada Tataran Ejaan dan Sintaksis. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 103–114.

Putrayasa, I. B., & Susana, A. (2007). Kalimat efektif:(diksi, struktur, dan logika). Refika Aditama.

Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Setiyanto, E. (2012). Ketaksantunan Komentar pada Laman Berita Yahoo: Sebuah Pendekatan Pragmatik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 1(2), 23–38.

Setyawati, N., & Rohmadi, M. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: teori dan praktik. Yuma Pustaka.

Sumadi, S. (2009). Fungsi Komunikatif Kalimat Bahasa Indonesia Lisan Ragam Konsultatif dan Manfaatnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Kependidikan, 9(1).

Talan, M. R., Wabang, R. J., Feka, Y. S., & Anin, H. F. (2022). Pendampingan Penulisan Naskah Dinas dengan Memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Salah Satu Implementasi Nilai Nasionalisme. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(1), 18–24.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaenal, A., & Farid, H. (2015). Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Akademika Pressindo. Jakarta.

Published
2023-06-10
How to Cite
Nurcaya, N., & Ningsih, W. (2023). Kesalahan Penulisan Kalimat pada Karangan Pribadi Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 11-28. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.899
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.