Kesalahan Penulisan Kalimat pada Karangan Pribadi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sepuluh aspek yang menjadi kesalahan kalimat pada tulisan pengalaman pribadi siswa. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini data dan sumber data yang digunakan merupakan kutipan beberapa kalimat yang salah yang ada pada tulisan mengenai pengalaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sengkang. Menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian. Peneliti sendiri yang menjadi instrumen dalam penelitian ini yang didukung beberapa instrumen pembantu seperti: panduan identifikasi data, tabel panduan kodifikasi data serta panduan analisis data. Ada empat cara yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data yakni: 1) ketekunan membaca, 2) kecukupan rujukan, 3) diskusi kesejawatan, dan 4) triangulasi data. Adapun urutan tahapan dalam menganalisis data yaitu pengumpulan, pereduksian, penyajian, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Merujuk pada hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan kalimat pada tulisan pengalaman pribadi terdiri atas: 1) kalimat yang tak bersubjek, 2) kalimat yang tak berpredikat, 3) kalimat tak bersubjek dan tak berpredikat atau buntung, 4) penggunaan kata tanya yang tidak perlu atau kata tanya dalam kalimat berita, 5) pengaruh dialek bahasa daerah, 6) subjek ganda, 7) kalimat yang tidak logis, 8) kalimat yang ambiguitas, 9) penggunaan konjungsi yang berlebihan, dan (10) penggunaan kalimat yang tidak paralel. Harapan peneliti terkait penelitian, agar kiranya penelitian selanjutnya tetap ada yang membahas berbagai aspek kesalahan kalimat dalam penulisan karangan dan mengetahui cara untuk mengatasi kesalahan tersebut.
References
Aprianti, R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Bagian Pendahuluan Skripsi Mahasiswa Iain Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Arifin, E. Z., & Tasai, A. (2010). Karya Ilmiah, Guru Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Bahrum, E. A., Zain, S., Ecca, S., & Kasman, N. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Teks Biografi Siswa. Cakrawala Indonesia, 6(1), 14–20. https://doi.org/10.51817/jci.v6i1.402
Chaer, A. (2012). Linguistik Umum, Revision Edition. PT Rineka Cipta.
Hakiki, M. (2014). Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Universitas Negeri Malang.
Hermini, H. (2014). Grammatical Error Analysis in Recount Text Made by the Students of Cokroaminoto University of Palopo. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 2(1), 87–101.
Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. Sage.
Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 136–149.
Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (edisi keempat). Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif.
Pateda, M. (1990). Aspek-aspek psikolinguistik. Nusa Indah.
Permatasari, N. E., Khasanah, I. M., & Putri, N. A. M. (2019). Kesalahan Berbahasa dalam Majalah Pandawa IAIN Surakarta Edisi 2018 pada Tataran Ejaan dan Sintaksis. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 103–114.
Putrayasa, I. B., & Susana, A. (2007). Kalimat efektif:(diksi, struktur, dan logika). Refika Aditama.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setiyanto, E. (2012). Ketaksantunan Komentar pada Laman Berita Yahoo: Sebuah Pendekatan Pragmatik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 1(2), 23–38.
Setyawati, N., & Rohmadi, M. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: teori dan praktik. Yuma Pustaka.
Sumadi, S. (2009). Fungsi Komunikatif Kalimat Bahasa Indonesia Lisan Ragam Konsultatif dan Manfaatnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Kependidikan, 9(1).
Talan, M. R., Wabang, R. J., Feka, Y. S., & Anin, H. F. (2022). Pendampingan Penulisan Naskah Dinas dengan Memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia Sebagai Salah Satu Implementasi Nilai Nasionalisme. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(1), 18–24.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zaenal, A., & Farid, H. (2015). Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Akademika Pressindo. Jakarta.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication