Pengaruh Penggunaan Model Literasi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa

  • Muh. Ilyas Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yusmah Yusmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Ince Nasrullah Universitas Muslim Maros
  • Nurlaelah Mahmud Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Dwi Reqi Permana Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: berbicara, model literasi, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model literasi terhadap kemampuan berbicara siswa di SMP Negeri 5 Panca Rijang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 54 siswa yang terbagi dalam tiga kelas, sedangkan Teknik pengambilan sampel dalam dua kelas kelas yaitu kelas IX.1 yang berjumlah 17 siswa dan kelas IX.3 yang berjumlah 19 siswa kemudia dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok control. Data diperoleh dengan teknik observasi dan teknik tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah elalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial (uji-t) melului SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang ditugaskan menceritakan ulang teks yang telah dibaca setelah penerapan model literasi mengungkap bahwa dari hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 4.278 > t table sebesar 2.032 maka ada perbedaan antara kelas yang menggunakan model literasi terhadap kemampuan berbicara dengan model konvensional atau Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model literasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.

References

Haryadi dan Zamzani. (2005). Peningkatan Keterampilan Berbicara. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hassani, K. (2016). Design and implementation of an intelligent virtual environment for improving speaking and listening skills. Interactive Learning Environments, 24(1), 252–271. https://doi.org/10.1080/10494820.2013.846265

John W. Creswell. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In University Of Nebraska-Lincoln.

Maulana, A. (2020). The efficiency of teaching listening and speaking skills to develop students’ communicative competences. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 802–808. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080310

Moris dan Novia. (2002). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional.

Nair, V. (2021). A systematic review of digital storytelling in improving speaking skills. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 13, Issue 17). https://doi.org/10.3390/su13179829

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122, 4(1), 113–122.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Yastuti, H., Umar, R., M, A. Y. Y., Arisa, A., & Rahmi, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Cakrawala Indonesia, 7(1), 15–24. https://doi.org/10.55678/jci.v7i1.642

Zein, S. F., Solihati, N., & Amalia, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 2 Sukamakmur Kabupaten Bogor Abstrak The Effect of Project Based Learning in School Literacy Movement on the Speaking Skil. 271–282.

Published
2023-06-20
How to Cite
Ilyas, M., Yusmah, Y., Nasrullah, I., Mahmud, N., & Permana, A. D. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Literasi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 62-69. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.907
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.