Efektivitas Penggunaan Strategi Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Pangkep

  • Muh Fahrezi Haris
  • Wahyu Ningsih Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Achmad Tolla
Keywords: Menulis, Cerpen, strategi copy the master

Abstract

Penelitian ini berfokus pada keterampilan menulis cerpen smenggunakan strategi copy the master pada siswa kelas XI SMAN 1 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan strategi copy the master terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Pangkep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pra Eksperimen (Pre-Eksperimental). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneletian ini menggunakan hasil tes belajar.  Tes hasil belajar yang dimaksud adalah tes keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan strategi Copy the Master (pretest) dan tes keterampilan menulis cerpen setelah menggunakan strategi Copy the Master (Posttest). Data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik deskriptif dan inferensial dengan cara menghitung hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa, normalitas data dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan paired sampel t test dapat disimpulkan penggunaan strategi copy the master efektif terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Pangkep.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adri, R. F. 2020. Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Menara Ilmu, 14(1).

Ariska, W., & Amelysa, U. 2020. Novel dan Novelet. Guepedia.

Arsana I, Nyoman, W. I. 2014. Pengaruh Metode Ekspositori yang dikombinasikan Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil belajar IPA. E-Journal Mimbar PGSD, 2(1), 1.

Arvianto, F. 2021. Contribution of Writing Interest toward Indonesian Language Learning of Students in Vocational High Schools. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education (IJTAESE). 3(2), 01-06.

Ayutiani, N., Friantary, H., & Martina, F. 2022. Efektivitas Pemanfaatan Media Blog Wordpress Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia, 2(3), 105-112.

Bahtiar, R, D. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Teknik Card Short Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Gereda, A. 2020. Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. Edu Publisher.

Girsang, L. B., Siagian, B. A., & Sitorus, P. J. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Dispersi Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan TA 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2004-2021.

Harting, Hugo. 2008. Menulis Sastra Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hidayat. 2013. Uji Normalitas dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap). https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html

Ilham, M., & Wijiati, I. A. 2020. Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Irfani, M. 2019. Efektivitas Model Sinetik terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bantaeng. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kadafi, N. 2022. Pengaruh Media Koran Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Biak Muli (Doctoral dissertation).

Kasim, N. 2019. Studi Komparatif Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Dengan Metode Discovery Pada Penulisan Cerpen Siswa Kelas Xi Smk Pondok Pesantren Muhammadiyah Buakkang. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Laila, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.

Laksana, A.S. 2020. Creative Writing. Jakarta: Penerbit Banana.

Lazulfa, I. 2019. Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi. Surakarta: Progr. Stud. Bhs. Indonesia. Fak. Keguruan. dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas. Maret.

Lestari, S. P. (2019). Pembelajaran Mengungkapkan Pengalaman Dan Gagasan Dalam Bentuk Cerita Pendek Dengan Memerhatikan Struktur Menggunakan Model Honey And Mumford Pada Peserta Didik Kelas Ix Smp Pasundan 4 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Marahimin, I. 2014. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Muchson, M. 2017. Statistik Deskriptif. Bogor: Guepedia.

Nana, N. 2023. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Teknik Buzz Group Siswa Kelas Ix B Smp Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Narahawarin, F. 2022. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Cerita Sejarah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 4 Kabupaten Sorong Tahun 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Nawir, M., & Syamsuriyawati, S. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Metematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau

Kabupaten Maros. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 100-108.

Nurgiyantoro. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada: University Press.

Nurhayati, N., Mardiana, N., & Rianti, R. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88-95.

Qhuljannah, N. 2022. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Pada Siswa Kelas V SDN 2 Bonto-bonto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Puspitasari, C. 2016. Keefektifan Metode Kupon Waktudan Tongkat Berbicara Dalam Pembelajaranketerampilan Meringkas Secara Lisan Teks Cerpen Pada Siswa Kelas Vii Smp. Universitas Negeri Semarang.

Putri, D., & Elvina, S. P. 2019. Keterampilan Berbahasa Di Sekolah Dasar: Melalui Metode Game’s. Penerbit Qiara Media.

Ramli, Rosdiana. 2021. Upaya peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Siola Kasih Ibu Batu Panu Kecamatan Mamuju.

Safitri, R., & Zulfikarni, Z. 2020. Keterampilan Menulis Teks Cerpen Menggunakan Teknik Copy the Master dan Teknik Mind Mapping Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(5), 351-357.

Sakinah, N. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Model Partisipatif Pada Siswa Kelas VII SMP Somba Opu Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada.

Savignon, S. J. 2005. Communicative language teaching: Strategies and goals. In Handbook of research in second language teaching and learning (pp. 659-676). Routledge.

Subastian, A. B. 2019. Pengembangan Media Gambar Berseri Komik (GARSIKOM) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Sudjana, N 2009. Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwanto. 2022. Think Pair Share Solusi Memahami Unsur Pembangun Cerpen. Penerbit P4I.

Sunestri, W. I. 2020. Analisis Pendekatan Objektif dan Nilai Moral Novel Perempuan Bersampur Merah karya Intan Andaru (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Tarigan, H. G. 2021. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. 2021. Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72-105.

Published
2023-12-04
How to Cite
Haris, M., Ningsih, W., & Tolla, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Strategi Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Pangkep. Cakrawala Indonesia, 8(2), 143-154. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.910

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.