Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Outdoor Kelas V SD Negeri Cendrawasih 1

  • Nurul Fatwa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anzar Anzar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Besse Syukroni Baso Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: menulis puisi, metode outdoor, Project Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan Project Based Learning dengan metode outdoor terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri Cendrawasih 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, dan teknik pengumpulan data melibatkan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Analisis deskriptif dalam bentuk persentase dan uji prasyarat dalam bentuk uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis penelitian. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata pretest sebesar 66,48 dengan kategori cukup, dan posttest sebesar 68,29 dengan kategori cukup. Ini menandakan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 2,7% pada kelas kontrol. Sementara pada kelas eksperimen, rata-rata pretest adalah 68,31 dengan kategori cukup, dan posttest sebesar 72,65 dengan kategori baik. Dengan demikian, terlihat peningkatan nilai rata-rata sebesar 6,3% pada kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Project Based Learning dengan metode outdoor terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri Cendrawasih 1.

References

Bahri, Aliem & Syakur, Abdan. 2017. Pembelajaran Sastra Anak Lintas

Depdiknas. (2003). Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 . Indonesia : Depdiknas.

Frida, Anggriani. 2019. Pengaruh Project Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Universitas Negeri Semarang.

Hikmah, S.N.A (2021). Pengembangan Instrumen Assesement Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna : Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran, dan Pengembangan Pendidikan Islam,2(01),59.

Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Linawati, H. (2016). Pengaruh metode Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa pada konsep IPA kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Resmini,N.,dkk. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana,Nana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta,Cv.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Indonesia: Prenamedia Group.

Thabroni,M. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wawancaradan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press.

Warsono. (2013). Proses Pembelajaran & Penilaian. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan metode mengajar Siswa diluar kelas (outdoor learning). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widyadari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Bali : FPMIPA PGRI

Zaniyati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2023-11-30
How to Cite
Fatwa, N., Anzar, A., & Baso, B. (2023). Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Outdoor Kelas V SD Negeri Cendrawasih 1. Cakrawala Indonesia, 8(2), 115-122. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.922

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.