PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PESANTREN ALURWATUL WUTSQAA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 70 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik infrensial dalam bentuk T.tes.Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil nilai antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yakni Mx = 92 > My = 66,3. Perbedaan hasil nilai itu menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016. Hasil analisis menjelaskan bahwa nilai empiris 4,296 lebih besar daripada nilai total pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,660.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Hi) yang menyatakan: “Ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016 ”, diterima. Sedangkan hipotesis nihil (H0) yang menyatakan: “Tidak ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016”, ditolak.
References
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Cipta
Arsyad,Azhar,2010,Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.html?m=1. diakses tanggal 26 september 2014
Koentjaraningrat (1985). Variabel penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
kusniawati, rina. 2010. Penarikan Sample. http//:rinakusniawati.blogspot.// Diakses tanggal 27 september 2014
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran : Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud
Mufarokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras104
Nasional Education Association (1969) dalam buku Anitah Sri. Media pembelajaran Surakarta: Yuma Pustaka
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Pembelajaran.Jakarta: Kencana.216
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian hasil proses belajar mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono,2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D,Bandung: CV.Alfabeta
Syukur,Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail.
Yunus, Rasyid. 2007. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Terhadap Kemampuan Pengukuran Dasar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.Rappang : STKIP
http://eprints.walisongo.ac.id/773/. Diakses tanggal 9 september 2014
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication