PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PESANTREN ALURWATUL WUTSQAA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Asirah Asirah STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Eka Marhawati STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Andi Sadapotto STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Penggunaan Media Video, Hasil Belajar TIK.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 70 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul  dianalisis dengan teknik statistik infrensial dalam bentuk T.tes.Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil nilai antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yakni Mx = 92 > My = 66,3. Perbedaan hasil nilai itu menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016. Hasil analisis menjelaskan bahwa nilai empiris 4,296 lebih besar daripada nilai total pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,660.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Hi) yang menyatakan: “Ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016 ”, diterima. Sedangkan hipotesis nihil (H0) yang menyatakan: “Tidak ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016”, ditolak.

References

Anderson, Ronald. H, 1987 Pemilihan dan Pengembangan media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers,

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Cipta

Arsyad,Azhar,2010,Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.html?m=1. diakses tanggal 26 september 2014
Koentjaraningrat (1985). Variabel penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
kusniawati, rina. 2010. Penarikan Sample. http//:rinakusniawati.blogspot.// Diakses tanggal 27 september 2014
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran : Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud
Mufarokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras104
Nasional Education Association (1969) dalam buku Anitah Sri. Media pembelajaran Surakarta: Yuma Pustaka
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Pembelajaran.Jakarta: Kencana.216
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian hasil proses belajar mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono,2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D,Bandung: CV.Alfabeta

Syukur,Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail.

Yunus, Rasyid. 2007. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Terhadap Kemampuan Pengukuran Dasar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.Rappang : STKIP

http://eprints.walisongo.ac.id/773/. Diakses tanggal 9 september 2014
Published
2019-09-12
How to Cite
Asirah, A., Marhawati, E., & Sadapotto, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PESANTREN ALURWATUL WUTSQAA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 2(1), 39-47. Retrieved from https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/94
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.