Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial

  • Yusmah Rhamadany Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jumiati Lanta Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Aswadi Aswadi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Bahasa persuasif, bisnis, media sosial, iklan online

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan bahasa persuasif dalam iklan bisnis online di media sosial yang meliputi karakteristik dan bentuk-bentuk bahasa persuasif dalam iklan bisnis online di media sosia. Kajian menggunkan pendekatan kualitatif dengan data berupa teks persuasif yang digunakan iklan dalam di media online. Data disajikan dengan menggunakan dua teknik yaitu reduksi data dan penyajian data. Sumber data ditentukan berdasarkan teknik purposif sampling. Berdasarkan hasil kajian penulis menemukan bahwa, semua karakteristik bahasa persuasif terdapat di setiap kalimat atau kata yang digunakan dalam iklan bisnis online. Sejumlah 63 data yang diperoleh, semua data memenuhi syarat karakteristik bahasa persuasif dan bentuk bahasa persuasif ada lima bentuk yaitu  ajakan, perintah, meyakinkan, pertanyaan, dan menegaskan. Terdapat 8 data yang mengandung bahasa ajakan. Terdapat 4 data yang di temukan mengandung kalimat perintah. Terdapat 58 data yang menegaskan tantang produk. Hanya 2 data yang ditemukan mengandung kata tanya. Ditemukan 59 data mengandung kalimat meyakinkan. Dari hasil kajian, disimpulkan bahwa bentuk bahasa persuasif yang sering muncul dalam iklan bisnis online adalah bentuk meyakinkan, menegaskan, dan pertanyaan.

Kata kunci: Bahasa persuasif, bisnis, media sosial, iklan online

References

Andriyanty, R., & Lestari, D. 2022. Analisis Strategi Bisnis Online Shop Hitz_Twinzshop. Online. Mediastima, 28(1), 23–41. Diakses 15 Maret 2021.

Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam Wacana Iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1),38–45. https://doi.org/10.14710/NUSA.12.1.38-45

Chaer, A. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Karya.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Dyer, G. 2009. Advertising as Communication. London: The Taylor & Francis e-Library.

Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N., Tata Niaga, J., & Negeri Lhokseumawe, P. 2019. Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online pada Para Pedagang Kecil di Kota Lhokseumawe, 3(1).

Mirawati, I. 2021. Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 9(1), 58–80. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/7443

Nainggolan, V., Yakob, M., & Nucifera, P. (2020). Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan niaga bergambar pada surat kabar serambi Indonesia tahun 2019. Samudra Bahasa, 3(2), 26–40. Diambil dari https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/2501

Nisa, K., Laili, A., Syifaul, Q., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(1), 55–60.

Redono, D. 2013. Simple Promotion an Branding untuk Usaha Kecil Menengah. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Tinarbuko, S. 2008. Semiotika komunikasi visual: metode analisis tanda dan makna pada karya desain komunikasi visual. Jalasutra.

Wahana, A., Suyanto, M., & Amborowati, A. 2014. Analisis Penerapan Social Media sebagai Strategi Bisnis oleh Pelaku Bisnis Online. Jurnal Sisfotenika, 4(2), 85–94.

Widayati, K. D. 2018. Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih. Widya Cipta, 2(2), 209–216. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta.

Williamson, J. 2007. Decoding Advertisements. Yogyakarta: Jalasutra.

Published
2023-07-22
How to Cite
Rhamadany, Y., Lanta, J., & Aswadi, A. (2023). Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial. Cakrawala Indonesia, 8(1), 87-91. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.961
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.