Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan bahasa persuasif dalam iklan bisnis online di media sosial yang meliputi karakteristik dan bentuk-bentuk bahasa persuasif dalam iklan bisnis online di media sosia. Kajian menggunkan pendekatan kualitatif dengan data berupa teks persuasif yang digunakan iklan dalam di media online. Data disajikan dengan menggunakan dua teknik yaitu reduksi data dan penyajian data. Sumber data ditentukan berdasarkan teknik purposif sampling. Berdasarkan hasil kajian penulis menemukan bahwa, semua karakteristik bahasa persuasif terdapat di setiap kalimat atau kata yang digunakan dalam iklan bisnis online. Sejumlah 63 data yang diperoleh, semua data memenuhi syarat karakteristik bahasa persuasif dan bentuk bahasa persuasif ada lima bentuk yaitu ajakan, perintah, meyakinkan, pertanyaan, dan menegaskan. Terdapat 8 data yang mengandung bahasa ajakan. Terdapat 4 data yang di temukan mengandung kalimat perintah. Terdapat 58 data yang menegaskan tantang produk. Hanya 2 data yang ditemukan mengandung kata tanya. Ditemukan 59 data mengandung kalimat meyakinkan. Dari hasil kajian, disimpulkan bahwa bentuk bahasa persuasif yang sering muncul dalam iklan bisnis online adalah bentuk meyakinkan, menegaskan, dan pertanyaan.
Kata kunci: Bahasa persuasif, bisnis, media sosial, iklan online
References
Andriyanty, R., & Lestari, D. 2022. Analisis Strategi Bisnis Online Shop Hitz_Twinzshop. Online. Mediastima, 28(1), 23–41. Diakses 15 Maret 2021.
Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam Wacana Iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1),38–45. https://doi.org/10.14710/NUSA.12.1.38-45
Chaer, A. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Karya.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Dyer, G. 2009. Advertising as Communication. London: The Taylor & Francis e-Library.
Husin, D., Wijaya, I., Dewi, N., Tata Niaga, J., & Negeri Lhokseumawe, P. 2019. Promosi Produk Menggunakan Media Sosial Online pada Para Pedagang Kecil di Kota Lhokseumawe, 3(1).
Mirawati, I. 2021. Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 9(1), 58–80. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/7443
Nainggolan, V., Yakob, M., & Nucifera, P. (2020). Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan niaga bergambar pada surat kabar serambi Indonesia tahun 2019. Samudra Bahasa, 3(2), 26–40. Diambil dari https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/2501
Nisa, K., Laili, A., Syifaul, Q., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(1), 55–60.
Redono, D. 2013. Simple Promotion an Branding untuk Usaha Kecil Menengah. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Tinarbuko, S. 2008. Semiotika komunikasi visual: metode analisis tanda dan makna pada karya desain komunikasi visual. Jalasutra.
Wahana, A., Suyanto, M., & Amborowati, A. 2014. Analisis Penerapan Social Media sebagai Strategi Bisnis oleh Pelaku Bisnis Online. Jurnal Sisfotenika, 4(2), 85–94.
Widayati, K. D. 2018. Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih. Widya Cipta, 2(2), 209–216. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta.
Williamson, J. 2007. Decoding Advertisements. Yogyakarta: Jalasutra.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication