Pengaruh Teknik Pengandaian Diri terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik pengandaian diri terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baranti, Kabupaten Sidenreng Rappang, yakni 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 siswa yang dibaki kedalam dua kelompok yaitu 23 orang kelompok ekspresimen dan 23 orang kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes (menulis puisi). Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar menulis puisi dengan menerapkan teknik pengandaian diri memperoleh nilai rata-rata 80,00 sedangkan kelompok siswa yang diajar tanpa menerapkan teknik pengandaian diri memperoleh nilai rata-rata 60,79. Setelah dianalisis dengan uji t.test, hasilnya menunjukkan nilai empiris lebih besar dari nilai tabel yaitu 7,619 lebih besar daripada taraf signifikan 5% (2,014) dan pada taraf signifikan 1% (2,689) pada df 45. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam menulis puisi menggunakan teknik pengandaian diri lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan teknik pengandaian diri di kelas VIII SMP Negeri 2 Baranti, Kabupaten Sidenreng Rappang. Hal tersebut menandakan bahwa penerapan teknik pengandaian diri berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baranti, Kabupaten Sidenreng Rappang.
Retained Rights/Terms and Conditions of Publication
As an author you (or your employer or institution) may do the following:
- Make copies (print or electronic) of the article for your own personal
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication