PENGARUH PEMBELAJARAN FUNGSI TOOLBAR DAN SUBMENU PADA MICROSOFT WORD DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS WEB SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 PANCA RIJANG

  • Suleha Suleha STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid STKIP Muhammadiyah Rappang
  • Hasan Hasan STKIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Pembelajaran, Fungsi Toolbar, Submeneu, Microsoft Word, Video Tutorial

Abstract

­­­­­­Penelitian ini berjudul “Pengaruh pembelajaran fungsi toolbar dan submenu pada microsoft word dengan menggunakan video tutorial Berbasis web siswa kelas VIII-5 SMP negeri 2 panca rijang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk memperoleh deskriptif aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menganal fungsi toolbar dan sub menu dengan metode video tutorial berbasis web siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Panca Rijang; 2) untuk memperoleh deskriptif hasil peningkatan belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar menganal fungsi toolbar dan sub menu dengan menggunakan metode video tutorial berbasis web siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Panca Rijang; 3) untuk memperoleh deskriptif efektivitas penggunaan Metode video tutorial berbasis we terhadap Pembelajaran mengenal fungsi toolbar dan sub menu siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Panca Rijang.Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 2 Panca Rijang. Adapun subjek dari penelitian ini adalah tim peneliti, guru bidang studi dan siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Panca Rijang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang terdidri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Sedangkan untuk objek yang diteliti  adalah penerepan strategi pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial berbasis web mata pelajaran TIK. Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah : 1) Lembar kerja observasi; 2) Catatan lapangan; 3) Lembar tes prestasi; 4) Dokumentasi.Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah analisis persentase dengan kriteria siswa mampu mereduksi kesalahan sebesar 80 % dalam kemampuan siswa dalam menentukan fungsi Toolbar dan Submenu, tentu saja dimulai dari minat yang mempengaruhi pemahamannya. 

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad .(2000 a). Media Pengajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
------------------.(2007 b) Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo
Persada.

Hamalik (2003) , Media Pembelajaran, Jakarta : Departemen Pendidikan
Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan

Sudjana, Nana. 1987. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.
Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek pengembangan Guru Sekolah Menengah.
Published
2017-05-01
How to Cite
Suleha, S., Rasyid, R., & Hasan, H. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN FUNGSI TOOLBAR DAN SUBMENU PADA MICROSOFT WORD DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS WEB SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 2 PANCA RIJANG. Cakrawala Indonesia, 2(1), 47-55. https://doi.org/10.51817/jci.v2i1.97
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.