Cakrawala Indonesia https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala <p>Cakrawala Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal, with ISSN 2527-5151 (print) dan 2686-6471 (online). It has been published since 2016 by the Department of Indonesia Language Education and Literature, STKIP Muhammadiyah Rappang. The institution be an Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang in 2019. It is issued semiannually: in Mei and Nopember.</p> en-US <p>Retained Rights/Terms and Conditions of Publication</p> <p><strong>As an author you (or your employer or institution) may do the following:</strong></p> <ul> <li class="show">Make copies (print or electronic) of the article for your own personal</li> <li class="show">Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication</li> </ul> yusmah.umsrappang@gmail.com (Yusmah) cakrawala.umsrappang@gmail.com (Suleha, S.Pd., M.Pd.) Tue, 10 Dec 2024 06:47:50 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Personifikasi dan Ironi dalam Novel 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck' Karya Hamka https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1620 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa personifikasi dan ironi dalam novel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan; <em>pertama,</em> penggunaan personifikasi pada sifat fisik, emosional, sosial, dan spiritual terhadap benda mati. <em>Kedua</em>, penggunaan ironi pada ironi sarkasme dan ironi sinisme yang disampaikan oleh tokoh terhadap tokoh lainnya. Penggunaan personifikasi berhasil menciptakan deskripsi yang lebih hidup sehingga mampu menarik perhatian pembaca terhadap cerita yang disampaikan. Penggunaan ironi berhasil memberikan ruang bagi pembaca untuk memaknai lebih dalam makna dibalik teks yang disampaikan.</p> Usman Usman, Astri Indah Hermadania, Aswati Asri ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1620 Tue, 10 Dec 2024 06:25:53 +0000 ANALISIS POSTUR DOSEN YANG MEMENGARUHI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS: PERSPEKTIF KOMUNIKASI NONVERBAL https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1694 <p>Postur dosen sebagai salah satu bentuk komunikasi nonverbal dalam proses belajar mengajar memiliki peran tersendiri terhadap atmosfir pembelajaran di dalam kelas. Hal ini juga diyakini turut berdampak terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana postur dosen memengaruhi minat dan motivasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pengajaran keterampilan bahasa Inggris. Metode penelitian kualitatif dipilih untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai pengaruh postur dosen terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah keterampilan bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menemukan bahwa atensi, perasaan nyaman, dan rasa ingin tahu merupakan tiga (3) indikator yang menunjukkan adanya pengaruh postur dosen terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara implikatif variasi posisi postur dosen pada saat mengajar sangat berperan penting dan dibutuhkan oleh mahasiswa.</p> Maemuna Muhayyang, Asriati Asriati, Hasriani G, Geminastiti Sakkir ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1694 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0000 Representasi Pengalaman Tokoh dan Ideologi Pengarang dalam Kumpulan Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono (kajian fungsional sistemik) https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1243 <p>This research is entitled Representation of Character Experience and Author's Ideology in the Short Story Collection A Pair of Old Shoes by Sapardi Djoko Damono. The aim of the research is to reveal the representation of the characters' experiences and the author's ideology as reflected in the short story collection A Pair of Old Shoes. This research uses qualitative research by applying descriptive methods. The data source for this research is the text of the short story A Pair of Old Shoes by Sapardi Djoko Damono. Data collection was carried out using reading and note-taking techniques. The results of this research show that (1) the representation of experience is dominated by mental and material processes, mentally expressing the meaning of the character's experience which is related to consciousness such as affection, cognition, perception, desires, and ideas and material representation explains the meaning of the experience made or received by the person. the characters in the short story are related to physical activity (2) Sapardi's ideology which is reflected based on the use of mental and material verbs, namely inviting readers to participate in seeing, imagining, thinking about and feeling the experiences of the characters in the short story.</p> mahmudah mahfud, Agnes Gabril, Anshari Anshari ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1243 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PENGUATAN SELF-EFFICAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA (STUDI SISWA SDN SAWENTAR 01 KABUPATEN BLITAR) https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1498 <p><strong>Pengembangan Media Scrapbook Penguatan Self-Efficacy Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa (Studi Siswa SDN Sawentar 01 Kabupaten Blitar).</strong> Tujuan riset mengembangkan media, langkah R &amp; D, model Addie, eksperiment 11 anak SD Sawentar, kelas 4. Ditinjau pakar validator (V1) media, (V2) materi, (V3) bahasa, (KG) kemenarikan guru, (KS) kemenarikan siswa. Hasil pengembangan, penilaian kelayakan instrument V1 (82,5%), V2 (87,5%), dan V3 (92,5%), KM (100%), dan KS menghasilkan angka Cronbah’s Alph 0,890, penanda layak dipergunakan. Hasil validator produk V! (87,5%), V2 (87,5%), dan V3 (93,7%), dengan KG (100%). Implementasi media scrapbook meningkatkan keterampilan berbahasa siswa ketika self-efficacy mendorong sikap kepribadian siswa, hasil belajar dari 27,3% meningkat 63,5% diimplementasi kedua dan melonjat ketnilai 90,90 pada terapan ketiga, sehingga media layak dikembangkan karena telah mampu mendorong selff-efficacy yang berimbas semangat belajar tinggi, menciptakan motivasi kuat untuk belajar, hasil belajar membaik, hasil meningkat baik kopgnitif, afektif, maupun psikomotorik</p> Atika Ailis Ayu Lestari, Cindya Alfi, Mohamad Fatih ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1498 Thu, 02 Jan 2025 06:25:33 +0000 Kesantunan Berbahasa Warganet pada Kolom Komentar Postingan Akun Istagram @Makassar_Iinfo https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1552 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prinsip-prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan oleh warganet dalam kolom komentar di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berupa tuturan komentar warganet yang diperoleh melalui media sosial Instagram, sedangkan objek penelitian berfokus pada kesantunan berbahasa. Data dikumpulkan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik dokumentasi. Prinsip-prinsip kesantunan yang ditemukan dalam kolom komentar pada berita di Instagram meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, pemufakatan, dan kesimpatian.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>kesantunan, warganet, instagram</p> Ince Nasrullah, Yusmah Yusmah, Muhammad Ali ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1552 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis Penggunaan Afiksasi dalam Novel Trauma Karya Boy Candra https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1252 <p><strong>Abstrak: Analisis Penggunaan Afiksasi dalamNovel<em>Trauma</em> Karya Boy Candra</strong><strong>.</strong>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan afiksasi dalam novel <em>Trauma</em> karya Boy Candra.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalah metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupakata yang termasuk jenis afiksasi dalam novel<em>Trauma</em> karya Boy Candra.Teknikpengumpulandatadalampenelitian ini adalah dengan teknik pustaka dan teknik catat, setelahitu dilanjutkan dengan menganalisis data yang ditemukan.Berdasarkan dengan hasil analisis data mengenai jenis afiksasi dalam novel <em>Trauma</em> Karya Boy Candra ditemukan lima jenis afiksasi berdasarkan dengan teori Abdul Chaer yang terdiri dari prefiks, infiks, sufiks, konfiks, dan klofiks. Dalam penelitian ini, penggunaan afikasasi lebih banyak ditemukan dalam novel tersebut. Bentuk&nbsp; prefiks yang ditemukan<em> ter-, me-,pe-, be-, ke-, se-,</em> dan <em>di-.</em>Bentuk infiks yang ditemukan yaitu<em>, -el-, -er-,</em> dan <em>-em-.</em>Bentuk sufiks yang ditemukan yaitu,<em> -an, -kan, </em>dan<em>-nya</em>. Bentuk konfiks yang ditemukan yaitu, <em>per-an, pe-an, ber-an, ke-an,</em> dan <em>se-nya</em>. Sedangkan klofiks yang ditemukan, <em>me-kan, memper-kan, me-i, di-kan, di-i, diper-kan, </em>dan<em> diper-i.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstract<strong>:&nbsp; </strong><strong>Analysis of the Use of Affixation in Boy Candra's Trauma Novel. </strong>The aim of this research is to describe the use of affixation in the novel Trauma by Boy Candra. The method used in this research is a qualitative descriptive method to describe data in the form of words which are included in the type of affixation in the novel Trauma by Boy Candra. The data collection technique in this research is using library techniques and note-taking techniques, after which it continues with analyzing the data found. Based on the results of data analysis regarding the types of affixation in Boy Candra's novel Trauma, five types of affixation were found based on Abdul Chaer's theory, consisting of prefixes, infixes, suffixes, confixes and clofixes. In this research, the use of affixations was found more frequently in the novel. The forms of prefixes found are <em>ter-, me-, pe-, be-, ke-, se-, </em>and <em>di-. </em>The forms of infixes found are,<em> -el-, -er-, </em>and -<em>em-.</em> The forms of suffixes found are , -<em>an, -kan</em>, and-<em>nya</em>. The forms of confixes found are, <em>per-an, pe-an, ber-an, ke-an,</em> and <em>se-nya</em>. Meanwhile, the clofixes found are <em>me-kan, per-kan, me-i, di-kan, di-i, per-kan, </em>and<em> per-i.</em></p> Wanda Yulandari, Suleha Ecca, Jumiati Lanta, M Nurzin R. Kasau ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/1252 Wed, 15 Jan 2025 06:48:25 +0000