TRANSFORMASI MODEL PEMBELAJARAN PAI MENUJU RESEARCH-BASED LEARNING DI LINGKUNGAN MAS MA'HAD DDI PANGKAJENE
Abstract
transformasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menuju pendekatan Research-Based Learning (RBL) di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ma’had DDI Pangkajene. Peralihan dari pembelajaran berpusat pada guru menuju pembelajaran berbasis riset bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis, kreativitas, serta partisipasi aktif peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall, yang mencakup beberapa tahapan: analisis kebutuhan, perancangan model, validasi ahli, uji coba terbatas, revisi, dan implementasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RBL secara signifikan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep keislaman serta memperkuat kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa model ini sangat layak, praktis, dan efektif dalam mendukung pembelajaran aktif, reflektif, dan berbasis inkuiri. Selain itu, RBL mendorong integrasi seimbang antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sejalan dengan Kurikulum Merdeka dan tuntutan pendidikan abad ke-21.Dengan demikian, transformasi menuju RBL dalam pembelajaran PAI di MAS Ma’had DDI Pangkajene merupakan langkah inovatif dalam membangun model pendidikan Islam berbasis riset yang menumbuhkan kecerdasan intelektual, nilai moral, serta budaya belajar sepanjang hayat
