EVALUASI PROGRAM BANK SAMPAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA KALOSI ALAU KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Norhadijah Norhadijah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Uceng Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Monalisa Ibrahim
Keywords: Evaluasi, Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini dilakukan tujuan agar dapat mengetahui evaluasi pada proram bank Sampah terhadap kualitas pelayanan public di Kantor Desa Kalosi Alau Kec. Dua Pitue, Kab. Sidenreng Rappan serta apakah faktor yang menjadi pengaruh kualitas layanan publik di Kantor Desa Desa Kalosi Alau. Penelitian dilakukan di Kantor Desa Kalosi Alau, Kec. Dua Pitue, Kab. Sidenreng Rappang. Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi serta sampel pada penelitian ini adalah masyarakat yang telah melakukan pelayanan dalam program KUPAS (Kalosi Alau Pelayanan Berbasis Sampah) di Desa Kalosi Alau yang berjumlah 84 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara langsung serta pengisian kuisioner dan dokumentasi. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan tabel frekuensi dan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program bank Sampah terhadap kualitas pelayanan  publik di Kantor Desa Kalosi Alau Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang kurang tercapai dengan persentase 60,4 %, Hal ini dilihat dari indikator evaluasi pada efektivitas 60%, Kecukupan 48%, Penerapan 78%, Responsibilitas 66%, dan indikator pada ketetapan adalah 60%. Jika dilihat dari rekapitulasi indikator evaluasi dalam bentuk kecukupan lebih rendah yakni 48% dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat Desa Kalosi Alau dalam pengelolaan sampah dengan diadakannya program KUPAS dan tujuan dari didirikannya bank sampah itu sendiri. Indikator penerapan dikatakan tertinggi 78% karena Warga Desa Kalosi Alau sudah mengenal dan memahami program Bank Sampah KUPAS. Mereka menyadari banyak keuntungan yang akan dihasilkan dari program ini, termasuk terciptanya desa yang nyaman dan bersih dari sampah. Kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Kalosi Alau Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang mempengaruhi/tercapai dengan persentase 67,2%. Hal ini dilihat dari indikator kualitas pelayanan pada bukti fisik (tangibles) 62%, realibilitas (realibility) 72%, daya tanggap (responsiveness) 70%, jaminan (assurance) 58% dan empati (empaty) 74%. Akibat kurangnya koordinasi antar lembaga pemerintah di tingkat desa, kualitas pelayanan dalam bentuk penjaminan jauh lebih rendah, yaitu hanya 58%, terlihat dari rangkuman indikator kualitas pelayanan. Pihak Desa dan Petugas Bank Sampah merupakan pihak yang terlibat dalam kerjasama yang dimaksud. Walaupun indikator empatinya kuat (74%), KUPAS harus diposisikan sebagai entitas pemerintah yang terutama memfasilitasi pemantauan efektivitas Bank Sampah yang dijalankan oleh masyarakat Desa Kalosi Alau.

References

E-Book:
Ahmad, Irdam. 2022. “Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Bank Sampah Di Propinsi DKI Jakarta.” Jurnal Ilmu Lingkungan 20(2): 414–26.
Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasi,Yokyakarta. Gava Media
Alala, Pratama Sandi, and Agus Budianto. 2020. “Evaluasi Kinerja Bank Sampah “ Sekar Arum “ Di Perumahan Wilis Indah II, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.” Jurnal Teknologi dan Manajemen 1(2): 95–102.
Erlando, Angga, Riris Diana Rachmayanti, Shochrul Rohmatul Ajija, and Muryani Muryani. 2019. “PKM Pendirian Bank Sampah pada Kelompok Ibu Rumah Tangga, Janda dan Lansia di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.” Jurnal Studi Kasus Inovasi Ekonomi 3(02): 59–70.
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi
Ghaffar, Zamnurdin Ma’arif Al, Moh Syamsih, Nur Aizizah Widyati, and Catur Wasonowati. 2021. “Pengelolahan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Banangkah Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.” jurnal Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa 1(1): 13–19.
Hamim, Ade, Sani Rismayanti, M Gian Carlos, and Ahmad Hamdan. 2022. “Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Bank Sampah Di Kota Tasikmalaya.” Lifelong Education Journal 2(1).
Hasnita, Evi, and Despa Wildawati. 2019. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Masyarakat Di Kawasan Bank Sampah Hanasty Kota Solok.” Human Care Journal 4(3): 149–58.
Ilman, Abdul Hadi, Fitriah Permata Cita, and Fitri Arifa. 2019. “Partisipasi Masyarakat Dalam Program Bank Sampah Di Kabupaten Sumbawa.” Nusantara Journal of Economics 1(01): 14–27.
Kamaruddin Sellang, Jamaluddin, Ahmad Mustanir. 2019. Stratego dalam Peningkatan Kualitas
Pelayanan Publik/ Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. ed. Qiara Media. Qiara Madia Partner.
Krismawintari, Ni Putu Dyah. 2020. “Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Bank Sampah Desa Lumbung Selemadeg Barat Tabanan Bali.” Sintesa: 403–10.
Saputro, Dedy Riyadin, and Siti Zahrotun Nisa. 2021. “Pemanfaatan Bank Sampah sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kelurahan Cilacap.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2): 89–103.
Shahreza, Mirza, Sarwititi Sarwoprasodjo, Hadi Susilo Arifin, and Dwi Retno Hapsari. 2020. “Komunikasi Lingkungan Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah Di Tangerang Selatan.” Jurnal Penelitian Komunikasi 23(2): 113–28.
Siregar, Syofian. 2013. Motede Penelitian Kuantitatif. Edisi pert. ed. Kencana. Prenada Media Group.
Solihin, Muhtar Mochamad, Pudji Muljono -, and Dwi Sadono -. 2019. “Partisipasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah Di Desa Ragajaya, Bojonggede-Bogor Jawa Barat.” Jurnal Ilmu Lingkungan 17(3): 388–98.
Sucipto, C.D. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Goysen.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi. ed. Yuyun Yuniarsih. Afabeta. Jakarta
Sukmana, Hendra, and Risa Megariska. 2022. “Implementasi Program Pengelolaan Bank Sampah Di Desa Larangan
Kecamatan Candi.” Jurnal Nuansa Akademik, Jurnal Pembangunan Masyarakat 7(2): 251–66. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1282%0Ahttps://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/download/1282/1186.
Sumarwan, Ujang .2011. Riset Pemasaran dan Konsumen : Panduan Riset dan Kajian : Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Resiko, PT Penerbit IPB Press, Bogor,
Suwerda, B. 2012. Bank Sampah Kajian Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Rihama-Rohima.
Tahyudin, Didi, Mulyanto, and Budi Darmawan. 2019. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Sakura Kelurahan Talang Kelapa Palembang.” jurnal Empirika 4(1): 33–48.
Triana, Anisa Putri, and Emenda Sembiring. 2019. “Evaluasi Kinerja Dan Keberlanjutan Program Bank Sampah Sebagai Salah Satu Pendekatan Dalam Pengelolaan Sampah Dengan Konsep 3R.” Jurnal Teknik Lingkungan 25(1): 15–28.
Yandra, Fandi Pahreza. 2019. “Pengelolaan Bank Sampah Kota Hijau Daksa dalam meningkatkan Pendapatan Warga Perumahan Palm Hill RT 05 Kota Hijau Kelurahan Sepinggan Balikpapapan Selatan,” eJournal Sosiatri – Sosiologi 7(2): 14-26.
Dukumen Peraturan Perundang-Undangan :
Undang- Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman
Peraturan Mentri Negara Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Pedoman Menteri Muatan Rancangan Peraturan daerah Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga
Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Tata Cara pembentukan BUMDES
Peraturan Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Peraturan Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang Nomor 10 Tahun 2007 Tentang Tata cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).
Peraturan Desa Kalosi Alau Nomor 23 Tahun 2021Tentang Pengelolaan Sampah
Peraturan Desa Kalosi Alau Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Badan Usaha Milik Desa “Bumdes Mujur”
Al-Qur’an Surah Al-Maidah ayat 8 tentang Evaluasi
Published
2025-02-07
Section
Articles