PERILAKU BIROKRASI TERHADAP IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN PENIPUAN ONLINE DI KECAMATAN WATTANG SIDENRENG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Birokrasi PemerintahTerhadap Implementasi Kebijakan Penaganan Penipuan Online Di Kecamatan Wattang Sidenrengdan Penelitian hanya dapat dilakukan pada populasi yang jumlahnya terhingga saja.Dalampenelitianini yang menjadipopulasiadalahjumlah kartu keluarga di Wattang Sidenreng yaitu 7.440 kk.Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknikprobality sampling pengambilan sampel ini menggunakan teknik Random Samplingatau sampling acak.Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tabel frekuensi dan uji kualitas data dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21.
Hasil penelitian ini menyatakan Implementasi Kebijakan di Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang memiliki hasil persentase 47% berada pada kategori kurang baik dengan demikan indikator implementasi kebijakan dalm bentuk karateristik organisasi pelaksana jauh lebih rendah yakni sebesar 44% karna pemerintah dan kepolisian kurang komunikasi tentang penipuan online. Perilaku Birokrasi di KecamatanWatang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang memiliki rata-rata persentase yaitu 48% dengan kategori kurang baik .Hubungan Implementasi dan Efektivitas Penanganan Kasus Penipuan Online di KecamatanWatang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang sebesar 48% dikategorikan “Cukup Berpengaruh/Signifikan”.
References
. 2011. Perilaku Birokrasi dalam Pengambilan Keputusan. Universitas Negeri Makassar : Makassar
Akib, H. (2010). Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik , 1-11.
Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Dwiyanto, Agus. 2011. Reformasi Birokrasi. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Feis, I. (2009). Implementasi kebijakan: perspektif, model dan kriteria pengukurannya. Gema Eksos , 65-85.
Ibrael, R. (2008). KEJAHATAN PENIPUAN BISNIS ONLINE , 7.
PLANGITEN, STEVAN R. SEWA JOHNY.H. POSUMAH NOVVA N.;. (2022). PERILAKU APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK. Vol. VIII, 71.
Saputra, R. F. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. E Journal. ip. fisip-unmul. org , 41-45.
Sekaran, U. (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
STEVAN R. SEWA JOHNY.H. POSUMAH NOVVA N. PLANGITEN. (2022). PERILAKU APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK. Vol. VIII, 71.
Subarsono. (2008). Analisis Kebijakan Publik : Konsep, Teori dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Pelajar.
Susilawati1, E. (2020). Impelementasi Kebijakan Penanggulangan HIV/AIDS pada. Vol.1, No.1, 4.
Susilawati1, E. (2020). Impelementasi Kebijakan Penanggulangan HIV/AIDS pada. 7.
Wahab, S. A. (2008). Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/eman/2006/jiunkpe-ns-s1-2006-31402081-5961-laser_one-chapter2.pdf
Kurnia Athuhema, Daniel. "STRATEGI KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PENIPUAN YANG DILAKUKAN MELALUI ONLINE SHOP." (2015): 1-11.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syofian, S. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif . Prenadamedia Group.Jakarta.
Abdul Halim Barkatullah. n.d. “Hukum Transaksi Eletronik.” in (Bandung: Nusa Media, 2017).
Ana Miftahul Jannah. n.d. “Penegakan Hukum Pidana Terhadap Tindak Pidana Penipuan Bisnis Online Di Polda Metro Jaya Menurut Hukum Positif Dan Hukum Islam.” in (Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020), 62.
Ananda, S. 2009. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” in Kartika, 2009. Surabaya.
Moeljatno. n.d. “KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana).” in Bumi Aksara, 2007. Jakarta.
Richardus Eko Indrajit. n.d. “E-Commerce Kiat Dan Strategi Bisnis Di Dunia Maya.” in (Jakarta: Gramedia, 2001), 1.
Samad, Zainuddin. 2016. Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Ombak : Yogyakarta
Thoha, Miftah. 2008. Birokrasi Pemerintah Indonesia. Kencana Premedia Group. Jakarta
Skripsi/Thesis
Ahyar. (2022). Tatakelola Pemerintah yang Inovatif di Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi, Program Studi Ilmu Pemerintahan. Sidenreng Rappang: Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Online Newspaper
Penulis, A. (Tahun, Bulan Tanggal Terbit). Judul artikel. Judul Koran, Diperoleh dari URL beranda surat kabar
Muslimin Emba. (23, September 2022). Viral’ Korban Travel di Makassar Pasang Iklan Billboard ‘Tolong Kemablikan Uang Kami’. Tribun Makassar, https://makassar.tribunnews.com/