Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidenreng Rappang

  • ADE AYU WULANDARI Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bermaksud buat memahami pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sidenreng rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif juga penaikan metode simple random sampling adalah pengambilan sampel acak dengan jumlah responden 80 orang. Cara penumpukan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, pemantauan juga angket. Metode menelaah data yaitu analisis deskriptif jugaregresi linear sederhana. Data yang terpumpun langsung di analisis bersama memakai bagan frekuensi juga persentase. Pengolahan data dibantu dengan mengaplikasikan SPSS versi 26.
Hasil pendalaman ini menunjukkan sebetulnyakualitas pelayanan berdampak absolut jelas juga benar bermakna tentang kepuasan masyarakat. Keadaan ini diketahui dengan hasil regresi linear yang mendapat nilai t hitung sejumlah 4,563 dengan signifikansi = 0,05, t hitung sebanyak 4,563 lebih besar dari t tabel 1,991 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak.

References

Abdullah, Prof. Ma’ruf. 2015. Aswaja Pressindo Metode Penelitian Kuantitatif.
Aditya Cholif Firmansyah, Brillian Rosy. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.” Journal of Office Administration: Education and Practice 1(2): 82–93. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/42112.

Apriliyanty, Nenden, Andi Mulyadi, and Yana Fajar FY Basori. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Mopeling Sarasa Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Manajemen 2(7): 1875–82.

Apriyani, d, A, and sunarti. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo).” Jurnal administrasi bisnis (jab) 51(2): 1–7. www.bisnissurabaya.com.

Astri, F. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pembuatan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli.” Media Bina Ilmiah 15(9): 5139–46. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1047.

Dahmiri, and Vera Suzana. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun.” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 5(3): 176–85. https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/3605.

Dhion Gama Putra, Ratih Nur Pratiwi, Trisnawati. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Blitar) Dhion.” Administrasi Publik 3(12): 2118–22.

Dila, Erlianti. 2019. “Kualitas Pelayanan Publik Dila Erlianti.” (1): 15–28.

Duriat, Ahtu, and Regan Vaughan. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Ktp Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Kramatmulya.” Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi 11(1): 16–24.

Fabiana Meijon Fadul. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalog.” jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB 4(2): 1585–99.

Herawati, Niken, Aris Hidayat, and Suwarsito Suwarsito. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Mitra Manajemen 7(2): 113–25.

Istiatin, E. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo.” Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta 13(01): 1–12.

Kamaruddin Sellang. 2016. “ADMINISTRASI DAN PELAYANAN PUBLIK Antara Teori Dan Aplikasinya.” (February): 1–229.

Karlina, Eulin, Oki Rosanto, and Nur Eka Saputra. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur.” Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen 3(1): 7–16.

Karmila Yusuf, Kamaruddin Sellang, Hariyanti Hamid. 2019. “Kualitas Pelayanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Panreng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.” Jurnal Ilmiah Pemerintahan 7(2): 52–58. https://jurnal.umsrappang.ac.id/praja/article/view/363.

Kunti, Oleh, and Indira Murti. 2021. “Kualitas Pelayanan Pencatatan Sipil.” 10(1): 80–100.

Mayasari, Ana. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 3(2): 36–44.

Nurvadillah. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemohon KTP- EL Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu.” Skripsi: 39.

Riyadin. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan).” Jurnal Simplex 2(1): 41–50.

Rosen, A. et al. 2015. “Kualitas Pelayanan.” Teaching and Teacher Education 2(1): 17–30. http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.st.

Sellang, Kamaruddin, Lahibu Tuwu, and Muhammad Basri. 2019. “Penerapan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Kabupaten Sidenreng Rappang.” Akmen Jornal Ilmiah 14(January): 608–15. https://www.mendeley.com/viewer/?fileId=2e480e08-f9b5-466d-4aa2-b90b4cdae892&documentId=72ef14fe-4f7a-3659-a9a1-90df50ca5dd6.

Sholeha, Ludviyatus, Sutrisno Djaja, and Joko Widodo. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 12(1): 15–25.

Sinollah, and Masruro. 2019. “Pengukuran Kualitas Pelayanan Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan.” Program Studi Manajemen, Unira Malang 4(1): 45–64.

Sitanggang, Ramayanti, A A Gede Raka, and I made Mardika. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Pemecutan Kelod Kota Denpasar.” Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik 5(1): 72–82. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/public-inspiration/article/view/1947.

Taupik Ismail. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 5(3): 413–23.

Wibisono, Aryo, and , Syahril. 2016. “Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi” 11(2): 265–89.

Wibowati, JanuarIda. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang.” Jurnal Manajemen 8(2): 1–19.

Wiwik Sulistiyowati, ST., M.T. 2018. 4 Buku ajar kualitas pelayanan Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya.
Published
2023-08-26
Section
Articles