KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI UNIT PENGELOLA BENIH SUMBER(UPBS) DI LOKA PENELITIAN PENYAKIT TUNGRO DI DESA TIMORENG PANUA KABUPATEN SIDRAP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan dan kualitas pelayanan Unit Pengelola Benih Daerah (UPBS) di lokasi penelitian penyakit tungro di Desa Timoreng Panua Kabupaten Sidrap.
Populasi penelitian berjumlah 197 orang, dan sampel berjumlah 66 orang. Pengambilan sampel acak sederhana adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Penelitian jenis ini bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah survei, studi literatur, dan observasi metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Validitas, reliabilitas, dan analisis regresi linier sederhana dengan skala likert dan SPSS 26 merupakan teknik analisis data yang digunakan.
Hasil penelitian ini dari hasil olah kuesioner diperoleh rekapitulasi variabel Kualitas pelayanan sebesar 58% berada pada kategori “Kurang baik”. Rekapitulasi variabel kepuasan Masyarakat sebesar 34% berada pada kategori “ Tidak Baik”.. Partisipasi masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur jalan di Desa Berdasarkan uji ANOVA Kabupaten Sidenreng Rappang “Berpengaruh/Signifikan”; F hitung yang diperoleh sebesar 1,610 dengan tingkat signifikansi 0,209. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel independen secara bersama-sama, dan probabilitasnya jauh lebih tinggi dari 0,05. Nilai t hitung parsial sebesar 1,269) > t tabel 0,238) menunjukkan Keunggulan Pelayanan dalam Perbandingan Kepuasan Masyarakat Unit Pengelolah Benih Sumber(UPBS) Di Loka Penelitian Penyakit Tungro Di Desa Timoreng Panua Kabupaten Sidrap sebesar 246% .
References
Darmawan, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. 8(2), 216–226.
Doni Saputra, D. M. (2022). Asas-Asas Pelayanan Publik Pada Rumah Tahanan Nrgara(Rutan)KlAS IIB Dumai. VIII(118), 57–63.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik;Konsep,Dimensi.Indikator,dan Implementasinya.
Hermansyah, S., Angreani, N., Universitas, D., Sidenreng, M., Administrasi, M., Universitas, P., & Sidenreng, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. 1(2), 46–53.
Indriani, D. (2017). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat:Studi Kasus Izin Produksi Industri Rumah Tangga Di Kantor Badan Penanaman Modal Kota Batu.
Marande, Y. (2017). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN GEBANGREJO KECAMATAN POSO KOTA KABUPATEN POSO. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(73), 33–39.
Maulana, A. S. (2007). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT . TOI.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174
Purnamasari, H., & Pradana, B. A. (2017). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi. Jurnal Politikom Indonesiana, 2(1), 62–78.
Puryatama, A. F., & Haryani, T. N. (2020). Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Indonesia. Kybernan : Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 40–54. https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/download/580/433
Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1(5), 981–990.
Sulistiani, A. S. (2016). Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Kependudukan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Sambutan. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 56.
http://jestro.is-best.net/layanan/upbs-unit-produksi-benih-sumber/?i=1
Sayaka, B. (2015). Sistem Perbenihan Padi dan Karakteristik Produsen Benih Padi di Jawa Timur. Analisis Kebijakan Pertanian, 13(2), 185–202.
Sulistiani, A. S. (2016). Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Kependudukan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Sambutan. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 56.