PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA TIMORENG PANUA KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Sri Wahyu Ningsih
  • Widia Ramadani
  • Barisan Barisan
Keywords: SIM dan Pelayanan Publik

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen terhadap kualitas pelayanan publik di Desa Timoreng Panua Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang dan faktor yang memengaruhi sistem informasi manajemen terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Timoreng Panua Kecamatan Panca RijangKabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 57 orang. Perhitungan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu, mengambil semua populasi sebagai sampel yakni sebanyak 57 orang. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian adalah eksperimen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner, wawancara dan studi kepustakaan.Hasil penelitian ini adalah sistem informasi manajemen terhadap kualitas pelayanan publik di kantor Desa Timoreng Panua Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang memiliki pengaruh yang signifikan melihat dari hasil olahan data pada tabel ANOVA, ternyata nilai t hitung≥ t tableatau 4,83 ≥ 2,00 dan tingkat signifikansinya 0,00 (F < 0,05), maka Ho ditolakdan Ha diterima, artinya sistem informasi manajemen (X) berpengaruhsignifikanterhadap kualitas pelayanan publik (Y).Adapun faktor-faktor yang memengaruhi sistem informasi manajemen dilihat dari faktor yang pertama kualitas sistem memiliki pengaruh sebesar 14,1%. Faktor yang kedua kualitas informasi memiliki pengaruh sebesar 34,8%. Faktor yang ketiga penggunaan (use) memiliki pengaruh sebesar 12,1% dan faktor yang keempat kepuasan pemakai memiliki pengaruh sebesar 21,1%.

References

Buku

Aqib, Zainal. (2016). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya. Bandung.

Agus, Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Public. UGM Press. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Alter, S. 1992. Information Systems a Management Perspective. Addison-Wesley.

Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan Prosedur dan Penerapan. Edisi 1. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

A,O’brien , James. 2006. Introducing To Information System. Salemba Empat. Jakarta.

Bungin, Burhan. 2005.Metode Penelitian Kuantitatif. Prenadamedia. Jakarta.

Baran, Stanley. J dan Dennis K. Davis.2010. Teori Komunikasi Massa

( Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan ). Salemba Humanika. Jakarta.

Daft, Richard L. 2003. Manajemen. Edisi Kelimas. Erlangga. Jakarta.

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan &EfektivitasKelompok. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Davis, Keith. 2010. Organizational Behavior – Human Behavior at Work 13th Edition. New Delhi :Mcgraw Hill Company.

DeLone, W.H., dan McLean, E.R. 2003. Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable.Information Systems Research, pp. 60-95.

Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi. Alfabeta. Bandung.

Fosket, A.c. (1996). The subject approach to information. (5th ed). London: Bingley

Green, DC. 1995. Komunikasi Data. Penerbit Andi. Yogyakarta

Hadi Sabari Yunus. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Harbani, Pasolong. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. CV Alfabeta. Bandung.

Hari, Sabarno. 2007. Memandu Otonomi Daerah Menjaga Kesatuan Bangsa. Sinar Grafika. Jakarta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Rajawali Pers. Jakarta.

Jamaluddin, Ahmad. 2015. Metode Penelitian Administarsi Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Krismaji. 2015. Sistem Infromasi Akuntansi. Unit Penerbit. Yogyakarta.

Livari, Juhani. 2005. AnEmpirical Test of he DeLoneand Mclen Model of Information System Succes. Database for Advances in InfromationSystem, Spring, 36,2.pg.8.

Mariana. Kusnita. 2006. Sistem Informasi Pernikahan Dan Rujuk pada KUA kec. Gebog, Fakultas Teknik, universitas Muria Kudus, Kudus.

Moekijat. 2009. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Mandar Maju. Jakarta.

Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Budaya Organisasi. Rineka Cipta. Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Beljar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi Kesatu. Andi. Yogyakarta

Rasul, Syahruddin. 2002. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran. Detail Rekod. Jakarta.

R, Munir. 2000. “Migrasi”, Dasar-dasar Demografi edisi 2000. Lembaga Penerbit UI. Jakarta.

Romney, Marshall B, dan Paul John Steinbart .2015. Accounting Information Systems, 13th ed. Person Educational Limited. England.

Santosa, Pandji. 2009 Administrasi Pembangunan. Bumi Aksara. Jakarta.

Seddon, P.B & M, Y. Kiew. 1994. A partialtest and development of the DeLone & Mc Lean Model Of IS success. Procceding of the international conference of infromation system. Vancouver Canada. ICIS 1994. Pp 90-109

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Alfabeta. Bandung

. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA. Bandung.

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Andi. Yogyakarta

Syofian, Siregar. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana. Jakarta.

Sukmawati, A. S. 2009. Konsep Caring. Available from:htp//Anastasiasuci.co.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2012.

Siregar, Syofian. 2015 . Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi.PT Kharisma Putra Utama. Jakarta

Siti Irene Astuti D. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan. UNY. Yogyakarta.

Sinambela, L.P, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik:Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Waluyo. 2007. Perpajakan Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Zaenal. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Goverment and Good Governance. CV Pustaka Setia. Bandung.

Zainuddin. 2016. Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Ombak. Yogyakarta.

Zulaikha. 2007. Pengujian Model DeLone dan Mclean dalam Pengembangan Sistem Infromasi Manajemen :Kajian Sebuah Kasus. SN4 X Makassar

A.Jurnal Skripsi

Mardi. 2013. Skripsi. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pegawai Mempunyai terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Badan Kepegawaian (BKD) Kota Samarinda. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Muhamad Syahrizal. 2014. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Bandung. Universitas Islam Negeri Sunan Djati. Bandung.

B.Dokumen

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 20 ayat 1

Published
2023-08-26
Section
Articles