PERAN BIROKRASI TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA APARATUR DI KANTOR DESA AKA-AKAE KECAMATAN WATANG SIDENRENG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Birokrasi Transformasional terhadap Kinerja Aparatur di Kantor Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi Kinerja Aparatur di Kantor Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga yang ada di Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang sebanyak 536 Kepala Keluarga (Data Profil Desa 2018). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak dengan menggunakan rumus Arikunto dengan mengambil 10%, sehingga sampelnya berjumlah 54 Orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul kemudian digunakan cara teknik analisis kuantitatif dengan tabel frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Birokrasi Transformasional di Kantor Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang dikategorikan baik dengan nilai 64,2%. Indikator yang mempunyai nilai tertinggi Kesopanan pegawai Kantor Desa Aka-Akae dalam melayani masyarakat (Birokrasi yang Adaptif) dengan nilai 71,4% dan Kinerja aparatur di Kantor Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng dikategorikan baik dengan nilai 61,68% serta peran Birokrasi Transformasional dalam meningkatkan Kinerja Aparatur di Kantor Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang dikategorikan baik dengan persentase 64,2%. Faktor-Faktor yang memengaruhi kinerja Aparatur di Kantor Desa Aka-Akae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang adalah Faktor Kemampuan ditandai dengan kemampuan komputer pegawai dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Desa Aka-Akae dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata persentase 57,6%. Faktor Motivasi ditandai dengan pemberian penghargaan pegawai dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Desa Aka-Akae dikategorikan baik dengan nilai rata-rata persentase 66,2%.
References
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.
Da Silva Pereira, Belarmino. 2013. Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Perawat Terhadap Kinerja Perawat di Hospital Nacional Guido Valadares Timor Leste. Tesis Manajemen di Universitas Padjajaran Bandung
Dwiyanto, Agus. 2011. Reformasi Birokrasi. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Hasbar, Mustafa. 2014. Menguak Perilaku Organisasi Sektor Publik Antara Teori dan Aplikasi. Ombak : Yogyakarta.
Ma'ruf. Abdullah 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi . Raja. Grafindo Persada. Jakarta.
Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Ghalia : Bogor
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Alfabeta : Bandung
Rivai, Veithzal. 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik, Jakarta : RajaGrafindo Persada
Robbins, Stephen. P. 2006.Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia,Klaten: Intan Sejati
Samad, Zainuddin. 2016. Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Ombak : Yogyakarta
Sandy Martha, Muhammad. 2015. “Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating”. Tesis di Universitas Widayatama Bandung
Sinambela, Lijak , dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara: Jakarta
Sinambela, Lijan. 2012. Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta : Bandung
Sulistiyani, dan Ambar Teguh. 2011. Memahami Good Governance dalam Perspektif Sumber Daya Manusia . Gava Media : Yogyakarta.
Thoha, Miftah. 2008. Birokrasi Pemerintah Indonesia. Kencana Premedia Group. Jakarta
Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Rajawali Pers. Jakarta
Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik. CAPS. Jakarta
Sumber Internet :
http://madurapintar.blogspot.co.id/2014/11/makalah-birokrasi-sosial-politik.html
http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-struktur-organisasi-dan-fungsinya.html
Dokumen :
Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 7 s.d 15 Tahun 2011.
Al Qur’an surah Al Ahqaff Ayat 19