Perbandingan Kebijakan Dana Komite Dengan Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pancarijang Pada Proses Pembelajaran

Kebijakan dan Profesionalisme

  • Febri Handika STISIP Muhammadiyah Rappang
Keywords: Kebijakan dan Profesionalisme

Abstract

Abstract

 

Public policy is the government's action to deal with the problem, by directing people's attention to "who gets what, when, and how". While human resources' profesionalism is the ability and effort of a person to accomplish the job intensively.

This research has been done at SMPN 1 Pancarijang, a type of descriptive-qualitative with population amount of forty-two (42) people, all accounted as  sample, using survey, questionaire, interview, and literature study research methods. The data analysis method is quantitative using qualitative data.

The result shows that whether there's an increased profesionality level or not after the School's Operational Funding policy being applied, indeed there is an increase of 47,6%. Also when we compare the Committee Funding with School's Operational Funding policy, we see 44,8% increase in teacher's profesionality on students' learning activity here at SMPN 1 Pancarijang.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Jamaluddin. 2011. Perilaku Birokrasi dan Pengambilan Keputusan. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Akadum. 1999. Potret Guru Memasuki Milenium Ketiga. Suara Pembaharuan. (Online).(http://www.suarapembaharuan.com/News/1999/01/220199/OpE, diakses 7 Juni 2001). Hlm. 1-2.
Alma, Buchari dkk. 2009. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
……………………, 1990. Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Burhanudin. 1990. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Cooper. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Hasibuan, H. Malayu S. P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kartono, Kartini. 1992. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Lamatenggo, 2001. Kinerja Guru: Korelasi antara Persepsi Guru terhadap Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SD di Gorontalo” . Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. ” Tesis
Majah, Sukardi. 2009. Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Sidrap: CV Al-Hikmah Jaya Pratama.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sanjaya, Wina. 2008. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Toha Putra.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono, 1994, Metode Penelitian Administrasi, Alfabet, Bandung.
Suyanto. 2001“Guru yang Profesional dan Efektif”. Harian Kompas, Jumat, 16 Februari
Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Soetopo, Hendiyat 1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara
Subarsono. 2005. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasinya). Bandung: alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wahab. 2001. Impelementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Rineka Cipta.
........... 2004. Manajemen Publik. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Yamin, Martinis. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2012-08-01
Section
Articles