SIKAP KONSUMEN TERHADAP SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN KOTA MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN

  • Andi Novitasari sekolah pascasarjana unhas
Keywords: sikap konsumen, sayuran, pasar tradisional, pasar modern

Abstract

Sayuran yang merupakan tanaman holtikultura, memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Umumnya jenis sayuran hanya ditemukan di pasar-pasar tradisional tetapi saat ini berbagi jenis sayuran dapat ditemukan di pasar -pasar ritel modern saat ini. Seorang konsumen dalam menentukan pilihannya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, dengan motif yang berbeda-beda dalam menentukan jenis sayuran yang akan dikonsumsinya, jumlah yang akan dibeli, harga yang dapat memuaskannya, waktu pembelian, tempat pembelian, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di enam lokasi terdiri atas 3 pasar modern dan 3 pasar tradisional di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September sampai dengan November 2021. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di pasar tradisional (Pasar Toddopuli, Pasar Terong dan Pasar Antang) dan pasar modern (Lotte Mart Mall Panakukang, Hero Perintis Kemerdekaan, dan Gelael Signature Makassar) . Setiap masing-masing lokasi diambil 20 responden dengan total sebanyak 120 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan sayuran pasar modern di kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan digunakan dan Gelael Signature Makassar). Setiap masing-masing lokasi diambil 20 responden dengan total sebanyak 120 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan sayuran pasar modern di kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan digunakan dan Gelael Signature Makassar). Setiap masing-masing lokasi diambil 20 responden dengan total sebanyak 120 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan sayuran pasar modern di kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan digunakanikan multiatribut . Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden konsumen sayur pasar tradisional dan pasar modern memiliki sikap positif yang baik terhadap sayuran di pasar tradisional dan pasar modern. Secara keseluruhan atribut-atribut sayuran pasar tradisional memiliki keunggulan pada harga yang kompetitif, kesegaran, kebersihan sayur, pelayanan dan ketersediaan sedangkan sayuran di pasar modern unggul pada pelayanan, kebersihan tempat, kesegaran, dan ketersediaan sayuran.

 

References

Astuti E P, Masyhuri, Mulyo JH. 2010. Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (Jepa). 3(1) : 183-194. [BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Tanaman

Sayuran di Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar (ID): Badan Pusat Statistik. Direktorat Jendral Holtikultura. 2013. Rekapitulasi Perkapita Konsumsi Sayuran dan Buah Tahun 1990-2011. http://horti.pertanian.go.id/node/23 di kutip tanggal 20 April 2021.

Kotler P. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1. Benyamin Molan, penerjemah; Jakarta (ID): Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Nazir M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.

Raissa, D P., Masitah, D I Bahari. 2020. Marketing Channel Analysis in an Effort to Develop the Potential of Bananas in Pinrang Regency. Agribusiness Journal (AJ). 3(2):1-7.

Richard CR. and Smith E. 2004. The value of apple characteristics to wholesalers in western Canada: A hedonic approach. Canadian Journal of Plant Science. 84(3):829-835.

Sadeli AH, Utami HN. 2013. Sikap konsumen terhadap atribut produk untuk mengukur daya saing produk jeruk. Trikonomika. 12(1): 61-71.

Sari DR. 2013. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Umbi-umbian Sebagai Alternatif

Diversifikasi Pangan (Kasus di Kota Bogor, Jawa Barat. [Tesis]. Bogor (ID). IPB. Saodah, D.S dan Malia, R. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional. Jurnal Agroscience .7(1): 178-193.

Published
2023-10-10
How to Cite
Novitasari, A. (2023). SIKAP KONSUMEN TERHADAP SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN KOTA MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2), 97-106. https://doi.org/10.55678/jsa.v2i2.1189
Section
Articles