ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOPI ARABIKA ENREKANG (Studi kasus Caffe Latimojong)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam membeli kopi arsbika di coffe shop latimojong dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap kopi arabika enrekang. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif yaitu, metode analisis regresi berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah costumer/konsumen yang membeli kopi arabika di caffe latimojong sebanyak 67 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Faktor yang berpengaruh pada variabel pembelian kopi arabika di coffe latimojong adalah faktor variabel Aroma, cita rasa, dan harga yang mempengaruhi terhadap pembelian kopi arabika d caffe latimojong. Dalam penelitian ini variabel aroma memiiki T hitung sebesar 2.165, cita rasa 2.445 dan harga 2.548 dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial pembelian kopi arabika sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terdapat pada variabel faktor cara penyeduhan kopi sebesar T hitung 1.144.
References
Abarca, R. M. (2021). PENGARUH PROMO OVO TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI GRAB ( Studi Korelasi tentang Pengaruh Promo OVO terhadap Penggunaan Aplikasi Grab pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara ). Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Abdul Muttalib, S., Nugraha WK, J., & Bintoro, N. (2019). Analisis Kadar Air dan Aroma Blending Kopi Arabika (Coffea arabica L) dan Robusta(Coffea canephora L) Selama Penyimpanan Dengan Principal Component Analisys (PCA). Jurnal Agrotek Ummat, 6(1), 23. https://doi.org/10.31764/agrotek.v6i1.955
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Anshori, F. M. (2014). Analisis Keragaman Morfologi Koleksi Tanaman Kopi Arabika dan Robusta Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Sukabumi. Skripsi, December, 1–54. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24208.66567
Asiah, N., Septiyana, F., Saptono, U., Cempaka, L., & Sari, D. A. (2017). Identifikasi Cita Rasa Sajian Tubruk Kopi Robusta Cibulao Pada Berbagai Suhu Dan Tingkat Kehalusan Penyeduhan. Barometer, 2(2), 52–56. https://doi.org/10.35261/barometer.v2i2.905
Astuti, W. (2023). POTENSI USAHA KOPI LATIMOJONG TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT BUNTU BATU(PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM). 4(1), 88–100.
Dama, D. (2016). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi , 16(1), 503–514.
Dwi, L., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Cita Rasa dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Yamin Gubeng Kertajaya Surabaya. Jurnal Manajemen, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.30656/jm.v12i1.4428
Eltri, A. P., Simanjuntak, A., Saputra, M. G., Haviz, M., Rafli Akbar, M., Putu, N., Nandini, A., & Darni, Y. (2022). Pengaruh Waktu Blooming Dan Massa Air Terhadap pH, TDS, Dan EC Pada Kopi Robusta Liwa Lampung dengan Metode Aeropress. Jurnal Teknologi Dan Inovasi Industri, 03(01), 16–22.
Fabiana Meijon Fadul. (2022). Perilaku Konsumen. Magister Alfatah Kalijaga, S.T., M.T., C.G.L., 978-623–48(EUREKA MEDIA AKSARA, NOVEMBER 2022 ANGGOTA IKAPI JAWA TENGAH NO. 225/JTE/2021 Redaksi:).
Fadillah, A. R. (2017). Analisis Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Terdaftar Di Lq45. Jurnal Akuntansi, 12(1), 37–52. https://doi.org/10.37058/jak.v12i1.294
Haras, M. S., Assa, J. R., Langi, T., Pertanian, J. T., Pertanian, F., Sam, U., & Manado, R. (2017). Tingkat Penerimaan Konsumen Terhadap Teh Daun Binahong (Anredera Cordifolia (Ten.) Steenis) Pada Variasi Suhu Dan Waktu Penyeduhan. Cocos, 1(6), 1–7.
Hasan, D. A. (2023). BARUAN PEMASARAN PRODUK KOPI BUBUK DESA KARUENG KECAMATAN ENREKANG(Studi Kasus Pada Perusahaan Kopi CV.Al Razak). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Hasbi, A. R. (2018). PENENTUAN PRIORITAS STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DI KABUPATEN BANTAENG DENGAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS). Jurnal Manajemen, Desember, 24–30.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Madjidu, A., Usu, I., & Yakup, Y. (2022). Analisis Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Semangat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 444–462. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.598
Martinez, rangga juan. (2023). analisis preferensi dan kepuasan konsumen terhadap kopi arabika di kota jambi. Aleph, 87(1,2), 149–200.
Mursalat, A., Wulandary, A., & Fitriani, R. (2020). Identification of Partnership Patterns and Rice Distribution Channels as the Main Commodity in Sidenreng Rappang District. Agricultural Socio-Economics Journal, 20(4), 285-290. http://dx.doi.org/10.21776/ub.agrise.2020.020.4.3
Negara, J. K., Sio, A. K., Rifkhan, R., Arifin, M., Oktaviana, A. Y., Wihansah, R. R. S., & Yusuf, M. (2016). Aspek mikrobiologis, serta Sensori (Rasa, Warna,Tekstur, Aroma) Pada Dua Bentuk Penyajian Keju yang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(2), 286–290. https://doi.org/10.29244/jipthp.4.2.286-290
Nugroho, A., Gumelar, A. P., & Awaliyah, F. (2023). Analisis Kelayakan Usahatani Kopi Arabika di Desa Sudalarang. 3(2), 84–93.
Nuhlia, R. (2019). Jaringan Sosial Pengusaha Kopi Bubuk di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.
Poerwanty, H., Fadliah, A. N., Alfian, A., Nildayanti, N., & Thamrin, S. (2020). PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYANGRAIAN (Roasting) TERHADAP TOTAL ASAM KOPI ARABIKA. Agroplantae: Jurnal Ilmiah Terapan Budidaya Dan Pengelolaan Tanaman Pertanian Dan Perkebunan, 9(2), 19–24. https://doi.org/10.51978/agro.v9i2.221
Pratama, C. P. M. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pos Pada PT. Pos Indonesia di Jember. In Digital Repository Universitas Jember.
Priyambodo, C. S., Sastryawanto, H., & Hermawati, D. T. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Buah Jeruk Di Pasar Keputran Utara, Surabaya. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Rabbani, P. A. I., Putri, N. I., Aviny, E. Y., & Pratiwi, C. P. (2018). Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Agribisnis Kopi (Studi Kasus: Mahdani Coffee). Academia.Edu, 4, 1–16.
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). Pengaruh Karakteristik Generasi Y Terhadap Loyalitas Karyawan Pt. Telekomunikasi Indonesia Witel Tasikmalaya. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Rohman, S., & Abdul, F. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.31334/logistik.v5i1.1188
Ruslan, M. R., Yoesdiarti, A., & Miftah, H. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Bogor di TIga Kedai Kopi di Bogor. 6. https://doi.org/10.36355/jas.v4i2.422
Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39. https://doi.org/10.35329/agrovital.v5i1.637
Saputra, V. N., Mulyati, A., & Andayani, S. (2015). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, Dan Higienitas Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Ice Cream Zangrandi Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1, 1–14.
Setiadi, A., & Ekowati, T. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kota Semarang, Jawa Tengah. AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 38(2). https://doi.org/10.47728/ag.v38i2.287
Setyaningsih, P. W., Okta, S., & Setiyani, S. (2021). Sistem Informasi Penjualan Kopi Khas Lampung Berbasis Website. Jurnal INTEK, 4(1), 39–44.
Suhendra, Sudrajat, & Astuti, A. (2013). Interest of Consumers on Arabica Coffee At Special Region of Yogyakarta Cafe. Sarjanawiyata Tamansiswa, 12, 3–12.
Susman, L. A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prefrensi Konsumen terhadap Pasar Tradisional Studi Pasar Bandar Sari Kecamatan Padang Ratu. 1–116.
Thamrin, S., Hartono, S., Hadi Darwanto, D., & Jamhari. (2015). The Technical Efficiency of Arabica Coffee Farming in the District Enrekang. Ilmu Pertanian, 18(2), 92–97.
Wibowo, A. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Kopi Di Cafe Sruput Kopi (Studi Kasus: Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang). Agribusiness, 1.
Wutabisu, H., Indriani, S., & Priyasmanu, T. (2021). Stretegi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kopi Poso. Jurnal Valtech, 4(2), 217–225. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/download/3874/2824
Zarwinda, I., & Sartika, D. (2019). Pengaruh Suhu Dan Waktu Ekstraksi Terhadap Kafein Dalam Kopi. Lantanida Journal, 6(2), 180. https://doi.org/10.22373/lj.v6i2.3811
Copyright (c) 2024 Lili ly Marlina, Ayu Wulandary, Iranita Haryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.