ANALISIS STRUKTUR PASAR USAHATANI KENTANG DI DESA TONASA KECAMATAN TOMBOLOPAO KABUPATEN GOWA

  • Wardianto Wardianto Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Jumiati Jumiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Ikmal Saleh Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Struktur Pasar, Perilaku Pasar, Usahatani Kentang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar dan perilaku pasar usahatani kentang di Desa Tonasa Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Penelitian ini di laksanakan di Desa Tonasa Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif, Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel ini dilakukan ada dua cara yaitu untuk petani di Desa Tonasa Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa diambil dari populasi sebanyak 30 orang dengan menggunakan metode sensus (secara keseluruhan) sedangkan untuk pedagang dengan menggunakan metode snowball sampling (bola salju). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar usahatani kentang di Desa Tonasa Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa menuju pada struktur pasar kompetitif (pasar persaingan sempurna). Dimana dalam menghitung struktur pasar dibedakan menjadi dua bagian yaitu hasil pangsa pasar petani 50,95% dari volume yang diproduksikan. Sedangkan hasil perhitungan pangsa pasar pedagang pengumpul sebesar 34,22% dan pedagang pengecer sebesar 14,83%. Hasil perhitungan Consentratio Ratio 2 menunjukkan dua petani kentang terbesar mempunyai pangsa pasar 15,21%. Apabila terdapat dua petani kentang menguasai pasar dari ≤ 33 % termasuk dalam sruktur pasar yang bersaing dan mengarah pada pasar kompetitif.

References

Alfiyanto, Afif. 2020. “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius.”Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10(1): 53–62.

Badan Pusat dan Statistik Kabupaten Gowa dalam angka 2020

Badan Pusat dan Statistik Sulawesi Selatan Produksi Kentang, 2016-2020

Dinarjito, A. (2022). Struktur Pasar Industri Konstruksi Di Indonesia Tahun 2018-2021. Jurnalku, 2(3), 358-363.

Hartina, H., Mursalat, A., & Fitriani, R. (2023). Efisiensi Pemasaran Cabai Melalui Inovasi Abon Cabai Desa Bulo Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 11(2), 160-171.

Haryani, D., & Mulyaqin, T. (2013). Kajian Analisis Margin Pemasaran Dan Integrasi Pasar Gabah / Beras. Buletin IKATAN, 3(December), 56–69.

Hasmir, F. A., Haryono, I., Mursalat, A., & Razak, M. R. R. (2023). Analisis Pemasaran Bawang Merah Di Desa Pandung Batu Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Fruitset Sains: Jurnal Pertanian Agroteknologi, 11(2), 99-106.

Hatmoko, Jefri Hendri. 2015. “Survei Minat dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013.” E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation 4(4): 1729–36.

Mursalat, A. (2021). Pengembangan pola kemitraan dalam menunjang saluran distribusi beras di Kabupaten Sidenreng Rappang. Agrimor, 6(2), 82-87.

Mursalat, A., Herman, B., Asra, R., & Thamrin, N. T. (2022). Analisis pendapatan dan margin pemasaran dalam saluran distribusi beras Kabupaten Sidenreng Rappang. Agrimor, 7(2), 70-76.

Mursalat, A., Wulandary, A., & Fitriani, R. (2020). Identification of Partnership Patterns and Rice Distribution Channels as the Main Commodity in Sidenreng Rappang District. Agricultural Socio-Economics Journal, 20(4), 285-290.

Pitaloka, Dyah. 2020. “Hortikultura: Potensi, Pengembangan dan Tantangan.” Jurnal Teknologi Terapan: G-Tech 1(1): 1–4.

Rante, Kris Natalia, Oktavianus Porajouw, and Vicky R B Moniaga. 2019. “Peran Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian di Kota Tomohon.” Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan 1(2): 182–90.

Rostwentivaivi Sinaga, Vela, Anna Fariyanti, and Netti Tinaprilla. 2015. “Pemasaran Kentang Granola di Kecamatan Pangalengan.” Analisis struktur, perilaku, dan kinerja pemasaran kentang granola di Kecamatan pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 20 (Analisis perilaku konsumen): 15.

Rumallang, A., Jumiati, J., Akbar, A., & Nadir, N. (2020). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Pemasaran Kentang di Desa Erelembang Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Agrikultura, 30(3), 83. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v30i3.23963

Swastha, B, dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Yusri, J., Septya, F., & Andriani, Y. (2021). Studi Pola Distribusi dan Margin Pemasaran pada Beras Kemasan Best Seller di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia. Agro Bali : Agricultural Journal, 4(3), 438–446. https://doi.org/10.37637/ab.v4i3.789

Published
2024-06-24
How to Cite
Wardianto, W., Jumiati, J., & Saleh, M. (2024). ANALISIS STRUKTUR PASAR USAHATANI KENTANG DI DESA TONASA KECAMATAN TOMBOLOPAO KABUPATEN GOWA. Jurnal Sains Agribisnis, 4(1), 42-50. https://doi.org/10.55678/jsa.v4i1.1351
Section
Articles