PREFERENSI KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN KOPI DI KEDAI KOPILABS DI KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian kopi pada konsumen di kedai Kopilabs Kota Gorontalo dan mengetahui bagaimana faktor harga, lokasi, branding dan pelayanan mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk minuman kopi di kedai tersebut. Toko Kopilabs di Kota Gorontalo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling dimana data responden yang digunakan adalah dari responden yang ditemui secara tidak sengaja di lokasi penelitian dengan teknik alanisisPenelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengambilan keputusan pembelian kopi di kedai Kopilabs dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda . Hasil uji F secara simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 9,581artinya variabel harga, lokasi, branding dan pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi preferensi konsumen. Faktor harga (X1), branding (X3), dan pelayanan (X4) mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap preferensi konsumen, sedangkan faktor lokasi (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan mempengaruhi preferensi konsumen dikarenakan nilai T hitung yang lebih besar dari nilai signifikansi 0,05. Diharapkan untuk keberlanjutan usaha dan peningkatan pendapatan kedai kopilabs, emilik kedai Kopilabs seharusnya memperhatikan proses pemberian harga dan pelayanan kepada konsumen sehingga memberikan kenyamanan dan loyalitas bagi konsumen.
References
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 117–127. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/12
Balqis, Z. N., Abidin, Z., & Situmorang, S. (2022). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kopi Dekafeinasi Ghalkoff Di Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 10(2), 254. https://doi.org/10.23960/jiia.v10i2.5913
Desanuari, G. F., & Ludtriani, R. (2022). Pengaruh self service technology terhadap pengembangan usaha dan kepuasan konsumen di masa pandemi covid-19 pada model bisnis restoran. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 268–273.
Perusahaan, P. U., Terhadap, D. P., Fazrul, A. M., Dama, H., & Ishak, I. M. (2024). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis P-ISSN 2620-9551 JAMBURA : Vol 7 . No 1 . Mei 2024 Website Jurnal : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB JAMBURA : Vol 7 . No 1 . Mei 2024 Website Jurnal : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB. 7(1), 404–415.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56
Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen Teori.
Rappang, S., No, J. A., & Salo-rappang, L. (2024). 1) , 2) , 3). 4(1), 18–26.
Copyright (c) 2024 Amir Halid, Larasati Sukmadewi Wibowo, Devy Tsamara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.