ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING AYAM BROILER DI PRIMA FRESMART KABUPATEN PATI
Abstract
Sektor peternakan berperan penting dalam pemenuhan pangan hewani berupa daging, susu, dan telor. Sektor peternakan, khususnya peternakan ayam broiler merupakan produk pangan hewan untuk memenuhi kebutuhan pangan hewani masyarakat Indonesia. Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi peternakan unggas, khususnya ayam broiler. Prima Freshmart merupakan toko retail produk pangan olahan yang memiliki branding penyedian produk pangan yang memenuhi standar ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam broiler di Prima Freshmart Supriyadi Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Metode yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen meliputi harga, lokasi, dan kualitas produk. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga yang kompetitif, lokasi yang strategis, dan kualitas produk yang baik memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian daging ayam broiler di Prima Freshmart. Kualitas produk merupakan faktor yang dominan yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk daging ayam broiler. Kualitas produk yang baik akan mampu meningkatkan penjualan terhadap produk daging ayam broiler.
References
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38-51.
Badan Pusat Statistik. 2023. Jumlah Peternakan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah 2022/2023. Badan Pusat Statistik. Semarang.
Basuki, A.T. dan N. Prawoto. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Fausayana, I. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras di Kota Kendari dan Hubungannya dengan Keberdayaan Peternakan. Skripsi. Kendari. Universitas Halu Oleo.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hajiis, R. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Broiler di Kota Pematangsiantar.Skripsi. Medan. Sumatera Utara. Medan.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.
Kotler P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Edisi Pertama. Jakarta (ID):Prentice Hall
Kotler, P. and G. Amstrong. 2001. Principles of Marketing. Prentice Hall. New Jersey.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Keller,K. L., & Manceau, D. (2016). Marketing Management, 15e Edition. New Jersy: Pearson Education
Lasimpala, L., Nuryani, N., Ramadhani, dan Kau. 2021. Gambaran Pola Makan dan Pengetahuan Sindrom Metabolik pada Kelompok Dewasa. Gorontalo J. Of Nutrition And Dietetic. 1 (2): 64 – 73.
Lipsey, R.G., Paul, N. Courant, D. Pumis, dan P.O.Steiner. 1995. Ekonomi Mikro. Bina Rupa Aksara. Jakarta.
Lubis, A. N. dan Martin. 2009. Pengaruh Harga (Price) Dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsu Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis. 2 (1): 21 – 24.
Mulyadi. (2016). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Novitasari, A., Y. Musa dan Jusni. 2023. Sikap Konsumen Terhadap Sayuran di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2), 97-106.
Nurlia, L. (2021). Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pengunjung di minimarket menggunakan metode regresi linier. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 1-12.
Priyatno, D. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Mediakom, Yogyakarta.
Soegoto, S. A. 2010. Bauran Pemasaran Jasa Pengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Nusa Tongkaina Wisata Tirta (NTWT) Manado. Jurnal Manajemen Bisnis 9 (17) : 14-25.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayitno, A., Rochaeni dan Purnomowati. 2015. Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian pada restoran gado-gado boplo (studi kasus: restoran gado-gado boplo panglima polim jakarta selatan). J. Agribisnis. 9 (2): 177 – 214.
Suryana, A. (2018). Strategi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Setyowati, Murti dan Astuti. (2021). Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Masyarakat Terhadap Produk Daging Sapi Segar Dan Produk Olahan Di Kota Wisata Batu. Jurnal Ilmiah Filian Cendekia. Vol. 6. No. 2. Hal : 118 – 129.
Swasta, B., dan T.H. Handoko., 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Wicaksana, B. E. (2023). Analisis Pengaruh Luas Lahan, Produktivitas, Harga Beras, Harga Pupuk dan Harga Pestisida terhadap Kesejahteraan Petani di Kabupaten Tangerang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 12(1), 42.
Copyright (c) 2024 Eka Purnama Sari Handayani, Bayu Eka Wicaksana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.