STRATEGI PEMASARAN UMKM MARTABAK TA

  • Taswin Taswin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Masitah Masitah Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nursalam Nursalam Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT, UMKM, Martabak

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki peranan yang penting dalam upaya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini dikarenakan peran UMKM yang fleksibilitas mampu menyerap tenaga kerja dengan cepat tanpa memandang tinggi rendahnya pendidikan para tenaga kerjanya sehingga UMKM ini selain berperan penting dalam ekonomi nasional juga berperan menanggulangi tingkat pengangguran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal UMKM Martabak Ta dan bagaimana strategi pemasaran UMKM Martabak Ta. Teknis analisis data yang digunakan untuk strategi pemasaran adalah analisis SWOT. Prosedur penelitian ini adalah pendekatan deskriftif kualitatif. Hasil analisis SWOT didapatkan nilai IFAS sebesar 3,33 dengan nilai EFAS sebesar 3,26 dan posisi UMKM Martabak Ta berada pada kuadran I yang mendukung strategi agresif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut strategi pemasaran UMKM Martabak Ta yang dapat digunakan antara lain: Strategi I: Pengembangan jaringan pasar, promosi, inovasi produk serta memanfaatkan tambahan modal dari Pemerintah/Bank, Strategi II: Meningkatkan kualitas SDM dengan pelatihan, Strategi III: Pemanfaatan sosial media guna mempromosikan harga baru, Strategi IV: Mendaftarkan Merk Dagang (Paten).

References

Agustian, E., Mutiara, I., & Rozi, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(2), 257. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.192

Alfin, A., Haryono, I., & Mursalat, A. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Usahatani Agribisnis Kopi (Studi Kasus: Kopi Arabika Enrekang). J-PEN Borneo: Jurnal Ilmu Pertanian, 7(2). https://doi.org/10.35334/jpen.v7i2.5956

Arifen, S. R., Purwanty, V. D., & Suci, D. A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Ario, A., Mursalat, A., & Padapi, A. (2024). Identifikasi Pola Kemitraan dalam Menunjang Kinerja Pemasaran Kopi di Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 12(3), 342-350. https://doi.org/10.30605/perbal.v12i3.4329

Dahmiri, D. (2020). Strategi Promosi Sebagai Upaya Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i1.9838

Elli, H. S., Pardian, P., Syamsisiyah, N., &Wiyono. S. N. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Kopi Suka Sangrai Di Kelurahan Suka Asih Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 8 (3): 713-723

Fuadi, M. M., Ernawati, E., & Rizki, D. (2023). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pengembangan Usaha Warung Nasi Priangan di Tasikmalaya. Cipasung Techno Pesantren: Scientific Journal, 17(1), 1–11.

Hardiyansyah, A., Ikhwana, A., & Kurniawati, R. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah (Studi Kasus Di Pd. Lugina - Garut). Jurnal Kalibrasi, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.13-1.233

Hartina, H., & Mursalat, A. (2023). Efisiensi Pemasaran Cabai Melalui Inovasi Abon Cabai Desa Bulo Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 11(2), 160-171. https://doi.org/10.30605/perbal.v11i2.2704

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Inayati, T., Evianah, & Prasetya, H. (2018). Perumusan Strategi dengan Analisis SWOT pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojokerto, Jawa Timur). Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis Ke-3, 217–231.

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Laporan PDB Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM, 2021.

Krisning Tyas, S., & Chriswahyudi. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik Ie, Swot Dan Ahp Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas. November, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1989/1632

Kriswanto Remetwa, M. G., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2018). Analisis Strategi dan Sistem Informasi Manajemen dengan Menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Pada Kantor Pos Malang 65100. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.35130/jrimk.v2i1.34

Monique, E. P., & Nasution, S. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Teguh Pribadi Di Bengkulu Tengah. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 133–143. https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i2.824

Munadi, F. A., Ekonomi, F., & Gunadarma, U. (2008). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Journal of Economics, 1–14.

Mursalat, A., AR, T., Thamrin, N. T., Irwan, M., Razak, M. R. R., & Asra, R. (2023). Pemberdayaan Panti Asuhan Melalui Edukasi Aeroponik Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 7(02). https://doi.org/10.22219/skie.v7i02.27976

Mursalat, A., Putri, N. Y., Qayyum, M. C., & Ario, A. (2023). Strategi Penerapan Manajemen Produksi Dalam Industri Beras CV. Rahma 35 Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Musamus Journal of Agribusiness, 6(2), 55-65. https://doi.org/10.35724/mujagri.v6i2.5419

Rangkuti, F. (1998). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=UHV8Z2SE57EC

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5.

Susantiningrum, S., Legowo, E., Sakuntalawati, L. R. D., Ibad, I., Kurniawati, D. Y., & Akbarini, N. R. (2021). Faktor–Faktor Keberhasilan Wirausaha Mahasiswa Berbasis Marketing Mix 7P. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2), 100. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.49124

Wahyuni, S., Masitah, M., Bahari, D., Bahari, D., Nursalam, N., Amin, M., & Mursalat, A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kakao Di Kecamatan Pakue Tengah Kabupaten Kolaka Utara. Jurnal Sains Agribisnis, 4(1), 84-95. https://doi.org/10.55678/jsa.v4i1.1468

Published
2025-06-25
How to Cite
Taswin, T., Masitah, M., & Nursalam, N. (2025). STRATEGI PEMASARAN UMKM MARTABAK TA. Jurnal Sains Agribisnis, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.55678/jsa.v5i1.1740
Section
Articles