VARIETAS IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BENIH PADI DI KABUPATEN SIDRAP

  • Fitriani R. Universitas muhammadiyah sidenreng rappang
  • Nurul Ainun Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Arsy Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Kata kunci: Pengaruh, Varietas, Image, Keputusan pembeli, Benih

Abstract

Munculnya varietas-varietas yang dikeluarkan dan dianjurkan pemerintah dan perusahaan swasta tentunya berdampak terhadap perilaku petani dalam penggunaan varietas benih padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganasis pengaruh varietas image terhadap keputusan pembelian benih padi di Kabupaten Sidrap. Motode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Jumlah sampel sebesar 99 responden yang dibagi dalam 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidrap sehingga dalam 1 Kecamatan mewakili 1 Kelompok tani dengan mewawancarai sekitar beberapa responden sesuai didata diatas. Selain informasi dari petani, peniliti juga melakukan wawancara dengan pihak PT. Sang Hyang Seri, Pertani dan PT. Bisi Internasional. TBK. Dan mengunakan pengumpulan data observasi, wawancara,  studi pustaka, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas ciherang memiliki image yang baik dimata petani dengan tingkat peminatnya sebesar 43,3% dan faktor-faktor yang berpengaruhdalam keputusan pembelian benih padi adalah lokasi, promosi dan kualitas. Namun yang paling besar pengaruhnya adalah kualitas.

 

 

 

References

Killenga SK., Tongoona.,Derera J,. &Kanyeka Z. (2014). Farmers’ perception of salt affected soils and rice varieties preferences in the north-eastern Tanzania and their implications in breeding. International Journal of Development and Sustainability ISSN: 2168-8662 – www.isdsnet.com/ijds Volume 3 Number 6 Pages 1257-1271 ISDS Article ID: IJDS13012205.

Koes A. (2013). Analisis Sikap, Kepuasan Dan Loyalitas Petani Terhadap Penggunaan Benih Unggul Jagung Komposit Di Sulawesi Selatan. [tesis]. Bogor(ID):InstitutPertanian Bogor.

Kotler.,&Kevin LK. (2009). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jilid 1. MM. Jakarta: Erlangga.

Mendis S. &Edirisinghe JC.(2013). Willingness To Pay For Rice Traits in Kurunegala and Hambantota Districts: An Application Of A Spatial Hedonic Pricing Model. The Journal of Agricultural Sciences, 2013, vol.8, no.1.

Nazir M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: BalaiAksara.

Schiffman.,&Kanuk. (2008). Perilaku konsumen.Edisi 7. Jakarta: Indeks

Sunyoto. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen).PT Buku Seru. Jakarta

Rusyadi Y. (2014). Analisis Sikap Dan Kepuasan Petani Terhadap Atribut Benih Padi Hibrida Maro di Kabupaten Subang Jawa Barat. [tesis].Bogor(ID).InstitutPertanian Bogor.

Tjiptono. (2013). Pemasaran Jasa. Ed.1. Malang: BanyumediaPublishing.

Wicaksana BE., Muhaimin AW., &Koestiono D. (2013).Analisis Sikapdan Kepuasan Petani dalam menggunakan Benih Kentang Bersertifikat (Solanumtuberosum L.)(Kasus di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Habitat Volume XXIV, No. 3, ISSN: 0853-5167

Published
2021-06-25
How to Cite
R., F., Ainun, N., & Arsy, M. (2021). VARIETAS IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BENIH PADI DI KABUPATEN SIDRAP. Jurnal Sains Agribisnis, 1(1), 18-26. https://doi.org/10.55678/jsa.v1i1.264
Section
Articles