PENGARUH PERILAKU KONSUMEN (FAKTOR PSIKOLOGIS DAN PRIBADI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEMPE

  • Hartina Hartina Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: keputusan pembelian, perilaku konsumen, pribadi dan psikologis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengarui keputusan pembelian tempe di Pasar Rappang dan faktor dominan. Populasi penelitian ialah pembeli tempe dipasar Rappang, dan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu orang yang sudah membeli tempe. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Responden yang memenuhi syarat ditetapkan sebanyak 67 orang yang dianalisis dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan psikologis dan pribadi, berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian tempe di Pasar Rappang. Variabel psikologis merupakan variabel yang paling dominan.

References

Astawan, M. 2004. Tetap Sehat dengan Produk Makanan Olahan. Tiga Serangkai. Solo.

Husein Umar. Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.Edisi 11. Jakarta: Rajawali Pers,2014.

Rita, Rita. Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Makassar. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

Wulandari, Siti Abir, and RA Rani Eka Fitri. "HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DENGAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TEMPE DI PASAR ANGSO DUO KOTA JAMBI." Jurnal MeA (Media Agribisnis) 5.1 (2020): 47-61.

Pradana, Mahir, and Avian Reventiary. "Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia)." Jurnal Manajemen 6.1 (2016).

Published
2021-12-25
How to Cite
Hartina, H. (2021). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN (FAKTOR PSIKOLOGIS DAN PRIBADI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEMPE. Jurnal Sains Agribisnis, 1(2), 103-108. https://doi.org/10.55678/jsa.v1i2.490
Section
Articles