ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN PATILANGGIO KABUPATEN PUHOWATO

  • Yulan ismail Universitas Pohuwato
Keywords: Pemasaran, Jagung, farmer share

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah Untuk 1). mengetahui bagaimana saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, dan untuk mengetahui berapa besar biaya pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato dan untuk 2). mengetahui berapa besar farmer share pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Metode yang di gunakan adalah kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang saluran pemasaran dan kuantitatif untuk menhitung besar nilai dari  farmer share .  penentuan populasi dan sampel dengan  menggunakan tehnik slovin pada 150 orang populasi petani jagung sehingga didapat 36 orang sampel petani jagung dan 6 orang pedagang pengumpul yang diambil secara acak sederhana. Hasil penelitian adalah Terdapat 2 saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, Biaya Pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato sebesar Rp. 178/Kg jagung , Farmer Share yang diterima petani jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato sebesar 88,21 persen.

References

Asmarantaka, Ratna W. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Departemen Agribisnis FEM-IPB, Bogor

Badan Pusat Statistik, 2020. Pohuwato Dalam Angka. BPS Kabupaten Pohuwato.

Budiman, Haryanto. 2012. Budidaya Jagung Organik. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Cendy Claudia Wowiling. 2018. Analisis Pemasaran Jagung di Desa Dimembe Kecamatan Dimmembe Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Universitas Samratulangi

Cristoporus dan Sulaeman. 2009. Analisis Produksi dan Pemasaran Jagung di Desa Labuan Toposo Kecamatan Tawaeli, Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland

Daniel. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian, Bumi Aksara. Jakarta.

Efendi. 2015. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Fadel dkk (2020) Analisis Pemasaran Jagung Hibrida Varietas Bisi 2 (Zea mays Linn) (Suatu Kasus di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). Jurnal. Universitas Galuh. Ciamis.

Ginting N, 2015. Manajemen Pemasaran . Bandung : Yrama Widya.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1. Erlangga, Jakarta

Mangunwidjaja, 2003. Teknologi dan Diversifikasi Pengolahan Jagung. Makalah Temu Usaha Perusahaan Jagung. Direktorat Jendral Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan. Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI, Bandar Lampung

Manggopa CJ. 2013. Efisiensi Pemasaran Nanas di Desa Lobong Kecamatan Passi Barat Bolaang Mongondow. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo.

Nuridayanti, Eka Fitri Testa. 2011. “Uji Toksisitas Akut Ekstrak Air Rambut Jagung (Zea mays L.) Ditinjau dari Nilai LD50 dan Pengaruhnya terhadap Fungsi Hati dan Ginjal pada Mencit” (Skripsi S-1 Progdi Ekstensi). Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Paeru, RH., dan Dewi, TQ. 2017. Panduan Praktis Budidaya Jagung. Jakarta : Penebar Swadaya.

Prawirokusumo, S. 2005. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE

Sudiyono. A. 2004. Pemasaran Pertanian. Edisi Kedua. UMM Press. Malang

________. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah, Malang.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press, Malang.

Sambuaga, J. M., & Rumagit, G. A. R. A. 2016. Analisis Pemasaran Buah Pepaya di Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Agrisosioekonomo. Manado.

Yudianto Mandak., B. Rorimpandey., P.O.V. Waleleng dan F.N.S. Oroh. 2017. Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Manado. Zootek 1. 37: 70-79.

Published
2021-12-25
How to Cite
ismail, Y. (2021). ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN PATILANGGIO KABUPATEN PUHOWATO. Jurnal Sains Agribisnis, 1(2), 93-102. https://doi.org/10.55678/jsa.v1i2.557
Section
Articles