ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN PATILANGGIO KABUPATEN PUHOWATO
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah Untuk 1). mengetahui bagaimana saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, dan untuk mengetahui berapa besar biaya pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato dan untuk 2). mengetahui berapa besar farmer share pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Metode yang di gunakan adalah kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang saluran pemasaran dan kuantitatif untuk menhitung besar nilai dari farmer share . penentuan populasi dan sampel dengan menggunakan tehnik slovin pada 150 orang populasi petani jagung sehingga didapat 36 orang sampel petani jagung dan 6 orang pedagang pengumpul yang diambil secara acak sederhana. Hasil penelitian adalah Terdapat 2 saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, Biaya Pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato sebesar Rp. 178/Kg jagung , Farmer Share yang diterima petani jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato sebesar 88,21 persen.
References
Asmarantaka, Ratna W. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Departemen Agribisnis FEM-IPB, Bogor
Badan Pusat Statistik, 2020. Pohuwato Dalam Angka. BPS Kabupaten Pohuwato.
Budiman, Haryanto. 2012. Budidaya Jagung Organik. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Cendy Claudia Wowiling. 2018. Analisis Pemasaran Jagung di Desa Dimembe Kecamatan Dimmembe Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Universitas Samratulangi
Cristoporus dan Sulaeman. 2009. Analisis Produksi dan Pemasaran Jagung di Desa Labuan Toposo Kecamatan Tawaeli, Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland
Daniel. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian, Bumi Aksara. Jakarta.
Efendi. 2015. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
Fadel dkk (2020) Analisis Pemasaran Jagung Hibrida Varietas Bisi 2 (Zea mays Linn) (Suatu Kasus di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). Jurnal. Universitas Galuh. Ciamis.
Ginting N, 2015. Manajemen Pemasaran . Bandung : Yrama Widya.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1. Erlangga, Jakarta
Mangunwidjaja, 2003. Teknologi dan Diversifikasi Pengolahan Jagung. Makalah Temu Usaha Perusahaan Jagung. Direktorat Jendral Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan. Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI, Bandar Lampung
Manggopa CJ. 2013. Efisiensi Pemasaran Nanas di Desa Lobong Kecamatan Passi Barat Bolaang Mongondow. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo.
Nuridayanti, Eka Fitri Testa. 2011. “Uji Toksisitas Akut Ekstrak Air Rambut Jagung (Zea mays L.) Ditinjau dari Nilai LD50 dan Pengaruhnya terhadap Fungsi Hati dan Ginjal pada Mencit” (Skripsi S-1 Progdi Ekstensi). Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.
Paeru, RH., dan Dewi, TQ. 2017. Panduan Praktis Budidaya Jagung. Jakarta : Penebar Swadaya.
Prawirokusumo, S. 2005. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE
Sudiyono. A. 2004. Pemasaran Pertanian. Edisi Kedua. UMM Press. Malang
________. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah, Malang.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press, Malang.
Sambuaga, J. M., & Rumagit, G. A. R. A. 2016. Analisis Pemasaran Buah Pepaya di Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Agrisosioekonomo. Manado.
Yudianto Mandak., B. Rorimpandey., P.O.V. Waleleng dan F.N.S. Oroh. 2017. Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Manado. Zootek 1. 37: 70-79.
Copyright (c) 2021 Yulan ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.