PERAN PEMUDA TANI TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHATANI PADI DI DESA CAMPAGAYA KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

  • muh izzul ismatullah keluarga
Keywords: Peran, Pemuda, Keberlanjutan, Usahatani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemuda dalam berkelanjutan usahatani padi dan faktor-faktor yang mengurangi minat pemuda untuk bekerja di sektor pertanian di Desa Campagaya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Populasi dalam penelitian ini adalah pemuda dari keluarga petani sebanyak 250 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu dipilih secara kelompok berdasarkan wilayah dusun sebanyak 10-15% dari total populasi. Responden yang diambil sebanyak 25 orang yang dapat mewakili dari keseluruhan populasi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi atau wawancara, kemudian menelah seluruh data yang diperoleh dan diklasifikasi berdasarkan kategorinya kemudian mencari hubungan-hubungan dengan kategori yang lain agar tergambarkan peran pemuda tani terhadap keberlanjutan usahatani padi. Analisis data yang digunakan dalam mengukur tingkat penerapan dilakukan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini yaitu pemuda di Desa Campagaya termasuk dalam kategori sangat aktif terhadap keberlanjutan usahatani padi di sektor pertanian, ekspektasi pemuda terhadap pekerjaaan di sektor pertanian tergolong sangat tinggi, setiap pemuda di Desa Campagaya sangat berperan penting pada keberlanjutan usahatani padi, kebanyakan pemuda di Desa Campagaya masih sangat antusias dalam mengembangkan usahatani padi, dan faktor-faktor yang mengurangi minat pemuda untuk bekerja di sektor pertanian yaitu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar, beranggapan bahwa hanya dapat memperoleh penghasilan yang sedikit, serta tidak adanya dukungan dari orang tua. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemuda di Desa Campagaya masih memiliki keinginan yang besar dalam keberlanjutan usahatani dan memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan usahataninya.

References

Ajuan, Erlina, Supriadi. 2015. Analisis Peran Pemuda terhadap Pembangunan Pertanian Lahan Pangan Berkelanjutan di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal.

Badan Pusat Statistik. 2013. Berita Resmi Statistik. Hasil Sensus Pertanian 2013 (Angka Sementara). Jakarta : Badan Pusat Statistik Indonesia.

Chandra, D. 2004. Persepsi Pemuda Desa Terhadap Pekerjaan Di Sektor Pertanian dan Minat Bekerja Di Kota. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Junaedi, A. J. 2020. Dinamika Kelompok Tani Terhadap Minat Generasi Muda Pada Kegiatan Usahatani Padi Di Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu. Jurnal Inovasi Penelitian, 501-512.

Iqbal, M. dan Sudaryanto. 2008. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) dalam Prespektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian, Volume 6 No. 2, Juni 2008: 155-173.

Kusnadi, D. 2007. Studi Kelompok Tani Tentang Keberlanjutan Kelompok (Sustainability Of Group) (Kasus Pada Gabungan Kelompok Tani Nanggelang Jaya Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur). Jurnal Penyuluhan Pertanian, 132-140.

Kartasasmita, G. 1997. Kepeloporan dan Kepemimpinan: Peran Pokok Pemuda dalam Pembangunan.

Lestari, S. 1994. Peranan Kelompok Tani Terhadap Penerapan Pengendalian Hama Terpadu. Tesis. Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Muksin. 2007. Kompetensi Pemuda Tani yang Perlu Dikembangkan di Jawa Timur. Disertasi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Nazaruddin. 2018. Pengaruh Penguatan Kelompok Tani Terhadap Partisipasi Dan Motivasi Pemuda Tani Pada Usaha Pertanian Di Leuwiliang, Bogor. Jurnal Agribisnis Terpadu, 1-10.

Ranzez, M. C. 2020. Peranan Orangtua Dalam Mendukung Regenerasi Petani Padi (Oryza Sativa L) di Desa Srikaton Kecamatan Buay Madang Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 117-123.

Reza, F. 2007. Sikap Petani Terhadap Pengendalian Hama Terpadu (Kasus di Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor). Skripsi. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Sari, D. W. 2018. Persepsi Kaum Muda Terhadap Pekerjaan Di Sektor Pertanian di Desa Ujung Bulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Pertama. Alfabeta: Bandung. Sumarni, D. P. 2008. Hubungan antara Ketergantungan terhadap Teman Sebaya dengan perilaku Antisosial Pada Remaja. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tarigan H. 2004. Representasi Pemuda Pedesaan Mengenai Pekerjaan Pertanian: Kasus Pada Komunitas Perkebunan Teh Rakyat di Jawa Barat. ICASERD Working Paper No.29. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Departemen Pertanian.

Yoshinta. 2015. Persepsi Remaja terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian Padi Sawah di Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Published
2022-07-07
How to Cite
ismatullah, muh. (2022). PERAN PEMUDA TANI TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHATANI PADI DI DESA CAMPAGAYA KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Sains Agribisnis, 2(1), 32-39. https://doi.org/10.55678/jsa.v2i1.651
Section
Articles