APLIKASI SISTEM PEMASARAN E-COMMERCE PADA PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KOPI DI KABUPATEN ENREKANG

  • Pipit Putrina Hamid Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Nuddin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Sahabuddin Toaha Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pemasaran, E-Commerce, Agribisnis Kopi

Abstract

Pemasaran kopi yang dijalankan oleh petani adalah berfokus kepada tengkulak atau pengumpul, hal ini menyebabkan panjangnya rantai pemasaran kopi yang berdampak pada rendahnya keuntungan yang didapatkan petani. Perkembangan teknologi mengenalkan masyarakat pada e-commerce yang menjadi media pemasaran produk baik berupa barang ataupun jasa. Penjualan dengan memanfaatkan e-commerce akan mempengaruhi pemasaran produk pertanian. Namun, pemasaran produk pertanian yang memanfaatkan tersebut masih terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan pemanfaatan e-commerce oleh produsen produk non-pertanian. Meskipun ketersediaan sarana dan prasarana yang belum memadai untuk penerapan e-commerce. Akan tetapi, apabila hambatan bisa diselesaikan dengan keterlibatan semua pihak terkait, maka implementasi e-commerce bisa berjalan dengan baik dan bisa membantu mengatasi dan mengurangi permasalahan usaha khususnya dalam pengembangan agribisnis kopi. Adapun penelitian ini digolongkan menjadi studi kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis explanatory karena dalam penelitian ini memberikan gambaran tentang pengaruh e-commerce terhadap pemasaran produk petani kopi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keuntungan diperoleh oleh petani kopi yang memanfaatkan e-commerce sebagai media pemasaran di Kabupaten Enrekang yaitu dalam menjual produk tidak mengalami kesulitan, modal lebih murah karena tidak harus membuka took, dan jangkau promosi lebih luas. (2) Kendala yang dihadapi dalam pemasaran e-commerce terhadap pemasaran produk petani kopi di Kabupaten Enrekang yaitu keterampilan terhadap aplikasi baik dalam melakukan promosi, kemampuan dalam mengelola sistem, dan menciptakan ide baru pada produk. (3) Strategi yang dilakukan kedepannya dalam pemasaran e-commerce agar pengembangan agribisnis kopi dapat mengalami peningkatan di Kabupaten Enrekang yaitu menciptakan cara baru dalam memasarkan produk bisnis online dan menciptakan kebutuhan pelanggan.

References

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta. Retrieved from http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

bps.go.id. (2020). Statistik Nilai Tukar Petani 2019. Bps.Go.Id. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2020/04/07/10ffac1ffb2d7643e54f6704/statistik-nilai-tukar-petani-2019.html

Danang, S. (2014). Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Buku Seru.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2021). Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2019-2021. In Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Retrieved from https://ditjenbun.pertanian.go.id/template/uploads/2021/04/BUKU-STATISTIK-PERKEBUNAN-2019-2021-OK.pdf

Haryanti, S., & Irianto, T. (2003). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed, 3(1), 8–14.

Himawan, Saefullah, A., & Santoso, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Jounal of Informatics, 1(1), 57.

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/718

Reny, M. R. (2012). Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar. Universitas Hasanuddin.

Riswandi, D. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econetica, 1(1), 1–13.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tika, M. P. (2006). Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2022-12-15
How to Cite
Hamid, P., Nuddin, A., & Toaha, S. (2022). APLIKASI SISTEM PEMASARAN E-COMMERCE PADA PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KOPI DI KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2), 73-85. https://doi.org/10.55678/jsa.v2i2.742
Section
Articles