EPIC MODEL : EFEKTIVITAS SISTEM PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA PADA UMKM PRODUK OLAHAN IKAN

  • Akmal Abdullah A Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Andi Baso Adil Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Sumarni Sumarni Sumarni Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
Keywords: Efektifitas, Promosi, Epic Model, Produk Olahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  menguji tingkat efektivitas sistem pemasaran sosial media  pada UMKM Produk Olahan Ikan. Penelitian ini  dilakukan menggunakan Google Form dimana responden yang terdiri dari Follower dari UMKM yang tergabung dalam grup komunitas yang ada di Sulawesi Selatan yang menggunakan media pemasaran digital sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode EPIC Model (Empathy, Persuation, Impact, dan Communication). Hasil penelitian mengkomfirmasi bahwa dari dimensi empati (Empathy), dimana pengelola UMKM sudah berjalan dengan efektif, berdasarkan opini dan persepsi para konsumen dan pelanggan. Dimensi persuasi (Persuation) dimana promosi yang dijalankan UMKM  telah mampu menarik hati dan meyakinkan responden untuk memesan produk yang diiklankan. Dimensi dampak (Impact) memberi makna bahwa media promosi yang digunakan oleh UMKM Pengolahan sudah menampilkan konten iklan dengan kreatif, inovatif sesuai dengan tema dan tampil beda   sehingga dapat menarik konsumen. Serta dimensi komunikasi (Communication) bermakna bahwa UMKM pengolahan ikan sudah  memikat hati konsumennya melalui iklan promosi yang disampaikan melalui Instagram, Tiktok dan Facebook. Nilai EPIC rate sebesar 3,26, hal ini menunjukkan media promosi yang dilakukan melalui Instagram, Tiktok dan Facebook. oleh UMKM di Sulawesi Selatan  sudah sangat efektif, karena di rentang berada pada 3,26 – 4,00.

References

Abdullah, A, Miftahorrozi, M., Hendrawan, H., Raharti, R., Yuliastuti, H., Perikanan, A., Pertanian, P., Pangkep, N., Selatan, S., Economics, I., Ilmu, P., Negara, A., Barat, J., Pembangunan, P. E., Janabadra, U., Yogyakarta, D. I., Komunikasi, P. I., Yogyakarta, U. M., Yogyakarta, D. I., … Selatan, S. (2022). Analisis Peran Pemasaran Melalui Sosial Media , Harga Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Clothing Online Store ). 6(3), 4992–4995.

Abdullah, Akmal. (2017). Inovasi, Orientasi Pasar, Kompetensi dan Orientasi Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengolahan Rumput Laut di Sulawesi Selatan. Universitas Muslim Indonesia.

Abdullah, S., Daud, L., Bunyamin, & Purwanti, R. E. (2020). Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Altenatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid -19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020) Universitas Widyagama Malang, 02 Desember 202, Ciastech, 1309–1318.

Andriani, D. P., Hamdala, I., Swara, S. E., & Fadli, H. (2019). Perancangan Business Digital Platform dalam Mendukung Keberlanjutan IKM dengan Pendekatan Quality Function Deployment. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(1), 42–54. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i1.7027

Deighton, J. A., Mela, C. F., & Moorman, C. (2021). Marketing Thinking and Doing. Journal of Marketing, 85(1), 1–6. https://doi.org/10.1177/0022242920977093

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gordon, B. R., Jerath, K., Katona, Z., Narayanan, S., Shin, J., & Wilbur, K. C. (2021). Inefficiencies in Digital Advertising Markets. Journal of Marketing, 85(1), 7–25. https://doi.org/10.1177/0022242920913236

Halim, M. (2013). PENGGUNA INTERNET MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL.

Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The Gold Rush of Digital Marketing: Assessing Prospects of Building Brand Awareness Overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4–20. https://doi.org/10.1177/2278533719860016

Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.

Ratnadianti, A., Fahmi, I., & Hannan, S. (2020). Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/jma.17.1.74

Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095

Abdullah, A, Miftahorrozi, M., Hendrawan, H., Raharti, R., Yuliastuti, H., Perikanan, A., Pertanian, P., Pangkep, N., Selatan, S., Economics, I., Ilmu, P., Negara, A., Barat, J., Pembangunan, P. E., Janabadra, U., Yogyakarta, D. I., Komunikasi, P. I., Yogyakarta, U. M., Yogyakarta, D. I., … Selatan, S. (2022). Analisis Peran Pemasaran Melalui Sosial Media , Harga Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Clothing Online Store ). 6(3), 4992–4995.

Abdullah, Akmal. (2017). Inovasi, Orientasi Pasar, Kompetensi dan Orientasi Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengolahan Rumput Laut di Sulawesi Selatan. Universitas Muslim Indonesia.

Abdullah, S., Daud, L., Bunyamin, & Purwanti, R. E. (2020). Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Altenatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid -19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020) Universitas Widyagama Malang, 02 Desember 202, Ciastech, 1309–1318.

Andriani, D. P., Hamdala, I., Swara, S. E., & Fadli, H. (2019). Perancangan Business Digital Platform dalam Mendukung Keberlanjutan IKM dengan Pendekatan Quality Function Deployment. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(1), 42–54. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i1.7027

Deighton, J. A., Mela, C. F., & Moorman, C. (2021). Marketing Thinking and Doing. Journal of Marketing, 85(1), 1–6. https://doi.org/10.1177/0022242920977093

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gordon, B. R., Jerath, K., Katona, Z., Narayanan, S., Shin, J., & Wilbur, K. C. (2021). Inefficiencies in Digital Advertising Markets. Journal of Marketing, 85(1), 7–25. https://doi.org/10.1177/0022242920913236

Halim, M. (2013). PENGGUNA INTERNET MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL.

Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The Gold Rush of Digital Marketing: Assessing Prospects of Building Brand Awareness Overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4–20. https://doi.org/10.1177/2278533719860016

Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.

Ratnadianti, A., Fahmi, I., & Hannan, S. (2020). Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/jma.17.1.74

Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095

Published
2022-12-15
How to Cite
A, A., Adil, A., & Sumarni, S. (2022). EPIC MODEL : EFEKTIVITAS SISTEM PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA PADA UMKM PRODUK OLAHAN IKAN. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2), 47-56. https://doi.org/10.55678/jsa.v2i2.791
Section
Articles