EPIC MODEL : EFEKTIVITAS SISTEM PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA PADA UMKM PRODUK OLAHAN IKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat efektivitas sistem pemasaran sosial media pada UMKM Produk Olahan Ikan. Penelitian ini dilakukan menggunakan Google Form dimana responden yang terdiri dari Follower dari UMKM yang tergabung dalam grup komunitas yang ada di Sulawesi Selatan yang menggunakan media pemasaran digital sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode EPIC Model (Empathy, Persuation, Impact, dan Communication). Hasil penelitian mengkomfirmasi bahwa dari dimensi empati (Empathy), dimana pengelola UMKM sudah berjalan dengan efektif, berdasarkan opini dan persepsi para konsumen dan pelanggan. Dimensi persuasi (Persuation) dimana promosi yang dijalankan UMKM telah mampu menarik hati dan meyakinkan responden untuk memesan produk yang diiklankan. Dimensi dampak (Impact) memberi makna bahwa media promosi yang digunakan oleh UMKM Pengolahan sudah menampilkan konten iklan dengan kreatif, inovatif sesuai dengan tema dan tampil beda sehingga dapat menarik konsumen. Serta dimensi komunikasi (Communication) bermakna bahwa UMKM pengolahan ikan sudah memikat hati konsumennya melalui iklan promosi yang disampaikan melalui Instagram, Tiktok dan Facebook. Nilai EPIC rate sebesar 3,26, hal ini menunjukkan media promosi yang dilakukan melalui Instagram, Tiktok dan Facebook. oleh UMKM di Sulawesi Selatan sudah sangat efektif, karena di rentang berada pada 3,26 – 4,00.
References
Abdullah, A, Miftahorrozi, M., Hendrawan, H., Raharti, R., Yuliastuti, H., Perikanan, A., Pertanian, P., Pangkep, N., Selatan, S., Economics, I., Ilmu, P., Negara, A., Barat, J., Pembangunan, P. E., Janabadra, U., Yogyakarta, D. I., Komunikasi, P. I., Yogyakarta, U. M., Yogyakarta, D. I., … Selatan, S. (2022). Analisis Peran Pemasaran Melalui Sosial Media , Harga Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Clothing Online Store ). 6(3), 4992–4995.
Abdullah, Akmal. (2017). Inovasi, Orientasi Pasar, Kompetensi dan Orientasi Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengolahan Rumput Laut di Sulawesi Selatan. Universitas Muslim Indonesia.
Abdullah, S., Daud, L., Bunyamin, & Purwanti, R. E. (2020). Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Altenatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid -19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020) Universitas Widyagama Malang, 02 Desember 202, Ciastech, 1309–1318.
Andriani, D. P., Hamdala, I., Swara, S. E., & Fadli, H. (2019). Perancangan Business Digital Platform dalam Mendukung Keberlanjutan IKM dengan Pendekatan Quality Function Deployment. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(1), 42–54. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i1.7027
Deighton, J. A., Mela, C. F., & Moorman, C. (2021). Marketing Thinking and Doing. Journal of Marketing, 85(1), 1–6. https://doi.org/10.1177/0022242920977093
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gordon, B. R., Jerath, K., Katona, Z., Narayanan, S., Shin, J., & Wilbur, K. C. (2021). Inefficiencies in Digital Advertising Markets. Journal of Marketing, 85(1), 7–25. https://doi.org/10.1177/0022242920913236
Halim, M. (2013). PENGGUNA INTERNET MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL.
Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The Gold Rush of Digital Marketing: Assessing Prospects of Building Brand Awareness Overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4–20. https://doi.org/10.1177/2278533719860016
Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.
Ratnadianti, A., Fahmi, I., & Hannan, S. (2020). Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/jma.17.1.74
Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095
Abdullah, A, Miftahorrozi, M., Hendrawan, H., Raharti, R., Yuliastuti, H., Perikanan, A., Pertanian, P., Pangkep, N., Selatan, S., Economics, I., Ilmu, P., Negara, A., Barat, J., Pembangunan, P. E., Janabadra, U., Yogyakarta, D. I., Komunikasi, P. I., Yogyakarta, U. M., Yogyakarta, D. I., … Selatan, S. (2022). Analisis Peran Pemasaran Melalui Sosial Media , Harga Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Clothing Online Store ). 6(3), 4992–4995.
Abdullah, Akmal. (2017). Inovasi, Orientasi Pasar, Kompetensi dan Orientasi Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pengolahan Rumput Laut di Sulawesi Selatan. Universitas Muslim Indonesia.
Abdullah, S., Daud, L., Bunyamin, & Purwanti, R. E. (2020). Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Altenatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid -19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020) Universitas Widyagama Malang, 02 Desember 202, Ciastech, 1309–1318.
Andriani, D. P., Hamdala, I., Swara, S. E., & Fadli, H. (2019). Perancangan Business Digital Platform dalam Mendukung Keberlanjutan IKM dengan Pendekatan Quality Function Deployment. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(1), 42–54. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i1.7027
Deighton, J. A., Mela, C. F., & Moorman, C. (2021). Marketing Thinking and Doing. Journal of Marketing, 85(1), 1–6. https://doi.org/10.1177/0022242920977093
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gordon, B. R., Jerath, K., Katona, Z., Narayanan, S., Shin, J., & Wilbur, K. C. (2021). Inefficiencies in Digital Advertising Markets. Journal of Marketing, 85(1), 7–25. https://doi.org/10.1177/0022242920913236
Halim, M. (2013). PENGGUNA INTERNET MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL.
Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The Gold Rush of Digital Marketing: Assessing Prospects of Building Brand Awareness Overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4–20. https://doi.org/10.1177/2278533719860016
Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic Model : Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek Di Televisi. JAD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 53–61.
Ratnadianti, A., Fahmi, I., & Hannan, S. (2020). Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/jma.17.1.74
Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095
Copyright (c) 2022 Akmal Abdullah A, Andi Baso Adil, Sumarni Sumarni Sumarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.