SALURAN PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN LETTI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

  • Asmirani Alam Universitas Pattimura
Keywords: Saluran Pemasaran, Margin, Sapi Potong, Kecamatan Letti.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran dan mengetahui tingkat efisiensi pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya. Adapun desa yang dipilih sebagai lokasi penelitian adalah tiga desa sampel yaitu Desa Tutuwaru, Desa Luhuleli dan Desa Laitutun. Jumlah responden peternak sapi potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya yang diambil adalah berjumlah 30 peternak. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif berupa analisis deskriptif untuk mengidentifikasi pola saluran pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya, yaitu: 1) saluran pemasaran I, dimana peternak sapi potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya melakukan pemasaran langsung kepada konsumen lokal dan dilakukan tanpa melalui perantara; 2) Saluran pemasaran II, peternak menjual ternak sapi potong kepada pedagang pengumpul (PP) yang kemudian menjual ternak tersebut kepada konsumen. Pedagang pengumpul ini sebagian besar datang dari luar daerah, khususnya dari Sulawesi. Berdasarkan analisis margin pemasaran ternak sapi potong  di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya pada kedua saluran pemasaran maka diperoleh bahwa pemasaran ternak sapi potong pada saluran pemasaran I memiliki nilai share margin sebesar  100 persen sedangkan nilai share margin saluran pemasaran II adalah 53,6 persen. Hal ini menunjkkan bahwa pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya sudah efisien dengan nilai share margin di kedua saluran pemasaran di atas 50 persen (>50%).

 

References

Agus, S., & Sulastri, H. (2019). Analisis sistem pemasaran hasil pertanian. Jurnal Agribisnis, 14(2), 150-160. https://doi.org/10.5678/jagri.2019.12345
Alimuddin, A. 2022. Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kesejahteraan Keluarga Nelayan di Desa Waci Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Ekonometriks. 5(1): 1-9.
Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus: PT. OASIS Water Internasional Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 1(2), 68-72. https://doi.org/10.30656/jsmi.v1i2.413.
Badan Pusat Statistik. (2021). Tingkat Konsumsi Daging Sapi di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Fauziyah, D., Nurmalina, R., & Burhanuddin, B. (2015). Pengaruh karakteristik peternak melalui kompetensi peternak terhadap kinerja usaha ternak sapi potong di Kabupaten Bandung. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 3 (2), 83-96. https://doi.org/10.29244/jai.2015.3.2.83-96.
Gultom, H.L.T., 1996. Tata Niaga Pertanian. Medan: Universitas Sumatera Utara Press.
Halidun, J., Iham, F., & Saleh. Y. (2021). Identifikasi Jalur Pemasaran Sapi Bali di Pasar Ternak Tradisinal. Jambura Journal of Animal Science, 3(2), 135-143. http://dx.doi.org/10.35900/jjas.v3i2.6943.
Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Muhyiddin, N.T., M.I. Tarmizi, A. Yulianita. 2017, Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial. Jakarta: Salemba Empat.
Nurdiyansah, I., Suherman, D., & Putranto, H. D. (2020). Hubungan Karakteristik Peternak dengan Skala Kepemilikan Sapi Perah di Kecamatan Kebawetan Kabupaten Kapahiang. Buletein Peternakan Tropis, 1 (2), 64-72. https://doi.org/10.31186/bpt.1.2.64-74
Purwanto, A., Nugroho, S., & Sari, D. (2020). Analisis pemasaran ternak sapi di daerah pedesaan. Jurnal Pemasaran Pertanian, 10(3), 45-60. https://doi.org/10.1234/jpp.2020.12345.
Rahayu, S., & Purnomo, T. (2018). Peternak dan posisi tawar dalam pemasaran ternak. Jurnal Ekonomi Pertanian, 12(4), 200-210. https://doi.org/10.1234/jep.2018.0042.
Rahim, A., GS, H., Jusman, J. (2019). Effect of phosphorylation on the physical and chemical characteristics of arenga starch. Ijbpas, 2(11), 1973– 1985.
Rahmanto, B. 2004. Analisis Usaha Peternakan Sapi Potong Rakyat. ICASERD Working Paper No. 59. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.
Saputra, A. J., & Agnesia, V. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i03.p15
Simamora, T. & Matoneng, O. W. (2024). Karakteristik Peternak, Sifat dan Proses Adopsi Inovasi Peternakan Sapi Potong di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Journal of Animal Science, 9 (1): 11-19. https://doi.org/10.32938/ja.v9i1.5429.
Sumiarsih, D. R. (2018). Analisis Efisiensi Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging Pola Kemitraan dan Pola Mandiri di Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Maduranch: Jurnal Ilmu Peternakan, 3(1), 7-16. http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v3i1.340.
Tukan, H. D., Utama, W. G., dan Luju, M. T. (2023).Analisis Kelayakan Usaha Ternak Babi di Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat. Journal of Animal Science. 8(1): 26-31.
Wibowo, H. T., & Darmayanto, J. (2023). Hubungan Karakteristik Peternak Terhadap Motivasi dalam Budidaya Domba di Kelompok Tani Ngudi Makmur II dan Tirto Kencono Desa Banyudono Kecamatan Dukun. Jurnal PenyuluhanPertanian, 18 (1), 31-38.
Published
2025-02-25
How to Cite
Alam, A. (2025). SALURAN PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN LETTI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri Peternakan, 5(1), 30-40. https://doi.org/10.55678/jstip.v5i1.1803
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.