ANALISIS FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI AYAM BROILER DI PASAR SEI SIKAMBING C II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli daging ayam broiler di Pasar Sei Sikambing C II, Kota Medan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden konsumen ayam broiler yang berbelanja di pasar tersebut. Variabel independen yang dianalisis meliputi kualitas daging (X₁), harga (X₂), kemudahan akses (X₃), kebersihan (X₄), dan promosi (X₅), sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (nilai Sig < 0,05). Uji F menunjukkan bahwa secara simultan kelima variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Sig sebesar 0,000. Nilai R Square sebesar 0,642 menunjukkan bahwa 64,2% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kelima variabel tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi untuk meningkatkan kualitas produk, menawarkan harga yang kompetitif, mempermudah aksesibilitas, menjaga kebersihan, dan melaksanakan promosi yang efektif sangat penting untuk mendorong keputusan pembelian konsumen.
References
Desnenty Permai, R. (2024). Perilaku harga daging ayam broiler di beberapa pasar tradisional Kota Pekanbaru periode pandemi COVID 19 (2019-2023). Repository Universitas Jambi.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas DiponegoroPenerbit Universitas Diponegoro.
Hamzaoui-Essoussi, L., & Zahaf, M. (2012). Canadian organic food consumers’ profile and their willingness to pay premium prices. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 24(1), 1–21.
Hardana, A., Syahruddin, S., & Lubis, A. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam broiler di Pasar Inpres Kota Padang Sidimpuan selama pandemi COVID 19. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan, dan IPTEK, 18(1), 1–16.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Canada.
Lasimpala, L., Anwar, A., & Amran, Y. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan sumber protein hewani pada keluarga di Sulawesi Selatan. Media Gizi Indonesia, 16(2), 123–132.
Mustopa, A., Mahendra, F., & De Arantza, O. (2021). The influence of promotion and service quality toward consumer purchase decisions of Lestari Jaya broilers chicken store. Central Asia and the Caucasus. https://ca-c.org/index.php/cac/article/view/543
Priyambodo, D., Dewi, I., & Ayuningtyas, G. (2020). Preferensi konsumen terhadap atribut daging ayam broiler dan frozen di Kota Bogor pada era new normal. Jurnal Sains Terapan: Wahana Informasi dan Alih Teknologi Pertanian, 8(3), 150–162. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jstsv/article/view/35677
Putri, D. A., & Novitasari, R. (2021). Hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 1–3 tahun. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, 6(2).
Samuel, A., & Saidah, N. (2023). Pengaruh lingkungan pasar terhadap keputusan membeli daging ayam di Kiaracondong.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.