SISTEM PERKANDANGAN AYAM BROILER DI CLOSED HOUSE CHANDRA MUNARDA KABUPATEN TAKALAR

  • Risna D.
  • Muhammad Arsan Jamili Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Jumriah Syam
Keywords: Manajemen, Perkandangan, Broiler, Close House

Abstract

Manajemen perkandangan sangat penting dilakukan bagi peternak karena dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan kenyamanan pada ayam khususnya broiler sehingga ayam yang dipelihara dapat tumbuh dengan baik. Untuk mengetahui bagaimana lokasi, desain, peralatan yang diperlukan dalam kandang. Maka itu dilakukan penelitian di kandang Closed house Chandra Munarda. Jenis penelitian yaitu kualitatif. Data yang dikumpulkan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari interview dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari SOP/manual book manajemen pemeliharaan, selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian yang di peroleh adalah kontruksi kandang Chandra Munarda menggunakan kandang model closed house. Arah kandang pada Closed House (CH) Chandra Munarda yaitu membentang dari arah timur ke barat. Suhu dalam kandang yaitu 32°C-26°C. Peralatan yang digunakan terdiri dari alat-alat brooding, untuk pemeliharaan sampai alat yang digunakan untuk panen. Penerapan Biosecurity juga diterapkan pada kandang Close House ini.

References

Cobb. 2008. Broiler performance and nutrition supplement. Cobb vantress Inc, Arkansas. Desa Rejo Binangun, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung timur.

Fadilah, R. 2012. Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler di Daerah Tropis. Agro Media Pustaka. Jakarta Selatan.

Fadilah, R. 2013. Beternak Ayam Broiler. Agro Media Pustaka. Bogor.

Frick, H. 2000. Ilmu Konstruksi Bangunan 2. Kanisius. Yogyakarta.

Olanrewaju, H.A, J. P. Thaxton, W.A. Dozier III, J. Purswell, W. B. Roush, S. L. Branton. 2006. Suatu Pemeriksaan Program Pencahayaan untuk Produksi Broiler. International Journal of Poultry Sci. 5(4).

Prasetyo, K. B. 2018. Kajian Tatalaksana Lingkungan Perkandangan Ayam Di Pt.Mustika Jaya Lestari Di Desa Gadungan Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Usaha Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang.

Rukmini, N.K.S., Mardewi, N.K., dan Rejeki.,I.G.A.D.S. 2019. Kualitas Kimia Daging Ayam Broiler Umur 5 Minggu Yang DiPelihara Pada Kepadatan Kandang Yang Berbeda. (Jurnal lingkungan dan pembangunan), 3(1), 31-37.

Sebayang, R. K., Zebua, O. dan Soedjarwanto, R. 2013. Perancangan Sistem Pengaturan Suhu Kandang Ayam Berbasis Mikrokontroler. Jurnal. Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung. Lampung.

Soeparno. 2005. Ilmu dan teknologi daging cetakan keempat. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Suprijatna, E., U. Atmomarsono dan R. Kartasudjana. 2008. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tamalludin, Ferry. 2012. Ayam Broiler 22 Hari Panen Lebih Untung. Penebar Swadaya. Jakarta. 34

Yuda, K, A. 2013. Alat Pemberi Pakan dan Minum Ayam Otomatis pada Kandang Ayam Sistem Tertutup Berbasis RTC DS1307. Skripsi. FT. Politeknik Negeri Padang

Published
2022-02-25
How to Cite
D., R., Jamili, M., & Syam, J. (2022). SISTEM PERKANDANGAN AYAM BROILER DI CLOSED HOUSE CHANDRA MUNARDA KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri Peternakan, 2(1), 16-22. https://doi.org/10.55678/jstip.v2i1.606
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.