PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK OLAHAN AGRIBISNIS
Abstract
Nur Fried Chicken, Café Bonaparte dan Warung adalah beberapa perusahaan yang memasarkan produk di industri makanan dan minuman dengan menggunakan media promosi sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp sebagai kontak. Menggunakan media sosial untuk memasarkan produk atau layanannya, untuk memberikan informasi tertentu kepada konsumen dan untuk mempromosikan produknya. Media sosial digunakan sebagai alat komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk, meningkatkan citra produk dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi apa saja yang dilakukan oleh Nur Fried Chicken, Café Bonaparte dan Warung Kedaita dalam meningkatkan penjualan dan pengaruh promosi melalui media sosial pada Nur Fried Chicken, Café Bonaparte dan Warung Kedaita. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah kualtatif berupa pemaparan penggunaan media sosial oleh Owner Nur Fried Chicken, Café Bonaparte dan Warung Kedaita. Metode analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dengan pengambilan teknik sampel yakni purposive sampling artinya dengan secara sengaja memilih objek penelitian. Media sosial paling aktif yang digunakan untuk memasarkan produknya adalah Instagram karena Instagram memiliki banyak fitur dan banyak digunakan oleh masyarakat.
References
Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., & Telkom, U. (2016). Abstrak Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang terus meningkat membuat jumlah pengguna Internet yang juga semakin tinggi diseluruh dunia setiap tahunnya, tak terkecuali Negara Indonesia. Selain Facebook, Twitter, Youtube, Path, Line, 3(2), 2349-2358.
BPS. 2018. Kabupaten Sidenreng Rappang dalam Angka 2018. Percetakan 21 Makassar. Pangkajenne.
Contreras, F. L., & Ramos, M. L. Z. (2016). What is Marketing? A Study on Marketing Managers’ Perception of the Definition of Marketing. Forum Empresarial, 21(1), 49–69.
Gunawan, D. D., & Huarng, K.-H. (2015). Viral effects of social network and media on consumers’ purchase intention. Journal of Business Research, 68(11), 2237–2241.
Kasryno, F. (2013). Politik Revitalisasi Pertanian dan Dampak Pelaksanaannya. Diversifikasi Pangan Dan Transformasi Pembangunan Pertanian. Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Jakarta.
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Nurfauziah, S. F., & Hamdani, N. A. (2021). The Influence of Social Media Against Interest in Buying Kopilogi Products. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(1), 75–83.
Pratiwi, L. F. L., Hardyastuti, S., & Waluyati, L. R. (2016). Profitability and Farmers Conservation Efforts on Sustainable Potato Farming in Wonosobo Regency. Ilmu Pertanian (Agricultural Science), 1(1), 31–36.
Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.
Saputra, A., & Santoso, S. B. (2011). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas, Dan Experiential Marketing Terhadap Word Of Mouth Situs Jejaring Sosial Facebook Pada Mahasiswa Fe Undip Semarang. UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Soeharjo, A. (1990). Konsep dan Ruang Lingkup Agroindustri. Kumpulan Makalah Agribisnis. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. IPB. Bogor.
Soekartawi, S. (2007). Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Analisis Sistem Agroindustri Terpadu. Jurnal Agribisnis Dan Ekonomi Pertanian, 1(2).
Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).