PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG

  • Syamsunir Syamsunir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Takdir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suardi Zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Winda Sari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Aplikasi Quizizz, Desain Grafis, Hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar Desain Grafis siiswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa dan sampel yang di ambil adalah jumlah keseluruhan dari populasi yaitu 25 siswa

Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes dengan soal pilihan ganda 30 nomor, untuk teknik analisis pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan rumus Mean.Sesuai dengan pengujian hipotesis melalui analisis data diperoleh hasil nilai kelompok eksperimen (x) lebih tinggi dari pada hasil nilai kelompok kontrol yakni Mx= 85.14 > My= 72 perbedaan hasil nilai tersebut membuktikan bahwa hipotesis kerja yang menyatakan “Ada pengaruh penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar Desain Grafis siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang“ diterima, sedangkan hipotesis nihil yang menyatakan: tidak ada pengaruh penggunaan Aplikasi  Quizizz terhadap hasil belajar desain grafis siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang“ ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar desain grafis siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Published
2023-07-09
Section
Articles