PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOCUSKY DI MASA COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH RAPPANG

  • Muhammad Takdir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Madaling Madaling Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Feny Arifin Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Focusky, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan  media focusky di masa covid-19 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Rappang.

Penelitian ini mengambil populasi dan sampel keseluruhan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Rappang tahun pelajaraan 2021 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes dengan soal pilihan ganda 30 nomor, untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus konversi score siswa dan rumus Mean.Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan pengujian hipotesis melalui analisis data diperoleh hasil nilai kelompok eksprimen (x) yang menggunakan media focusky lebih besar dibandingkan hasil nilai kelompok kontrol (y) yang tidak menggunakan media focusky yakni Mx= 88,3 > My=71,9 perbedaan hasil nilai tersebut dengan demikian membuktikan bahwa hipotesis kerja yang  menyatakan ”Ada pengaruh  penggunaan  media focusky di masa  covid-19 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Rappang”.diterima.

Published
2023-07-09
Section
Articles