PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG
Abstract
berbasis sparkol videoscribe terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMK Muhamaadiyah Sidenreng Rappang. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas X yang berjumlah 26 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes essay 10 nomor. Teknik analisis pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan rumus t.tes. Berdasarkan hasil penelitian, sesuai dengan pengujian hipotesis melalui analisis data yang diperoleh dari hasil tes kontrol (Y) lebih rendah dari hasil nilai tes eksperimen (X) yakni Y= 61,923 < X = 84,615. Perbedaan hasil nilai tersebut membuktikan bahwa hipotesis kerja yang menyatakan ada pengaruh penggunaan Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang “diterima”. Hipotesis nol yang menyatakan “tidak ada pengaruh penggunaan sparkol videoscribe terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang “ditolak”. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMK Muhamaadiyah Sidenreng Rappang