Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Sekolah Menegah Pertama

Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Sekolah Menegah Pertama

  • Gusriyani Gusriyani Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Madaling Madaling University of Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Agussalim Agussalim University of Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suleha Suleha University of Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar Seni Budaya siswa kelas VII SMP Negeri 3 Panca Rijang. Ada dua jenis variabel yang diteliti, yaitu variabel bebas ialah penggunaan video animasi (x), kemudian  variabel terikatnya ialah hasil belajar seni budaya siswa kelas VII SMP Negeri 3 Panca Rijang ( y). SMP Negeri 3 Panca Rijang menjadi tempat penelitian ini. Observasi, dokumentasi, dan tes digunakan sebagai metode pengumpulan data, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial (uji-t). Peserta dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas VII, dengan total 65 siswa yang dipilih secara acak yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan video animasi tehadap hasil belajar seni budaya siswa kelas VII SMP Negeri 3 Panca Rijang. Hasilnya, nilai ujian mereka  rata-rata 85 > 70,90 lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak memanfaatkan video animasi. Analisis uji-t mengungkapkan nilai empiris lebih tinggi dari nilai tabel, 9,276 lebih tinggi dari 2,086 pada tingkat signifikansi 5% dan 9,276 lebih tinggi dari 2,845 pada tingkat signifikansi 1% dengan 20 db. Perolehan tersebut didapatkan dari penilaian 11 siswa kelompok eksperimen dan 11 siswa kelompok kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran video animasi harus dimanfaatkan secara maksimal selama proses belajar mengajar.

 

Kata kunci: (Pengaruh, Video animasi, Hasil Belajar)

 

Published
2023-07-22
Section
Articles