UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERMASALAHAN YANG DIANGKAT OLEH UPT SMP NEGERI 2 SATAP BAEBUNTA LUWU UTARA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA UPT SMP Negeri 2 Satap Baebunta Luwu Utara
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIA pada semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Dengan menggunakan Tes Hasil Belajar, Observasi, dan Angket Respon Siswa. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada Siklus I sebesar 61,48 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,36. Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 72,14 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,10. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing pada pembelajaran matematika, maka hasil belajar matematika siswa meningkat dan perubahan sikap siswa dalam belajar menjadi lebih baik setiap pertemuan.